Acara ini menjadi penyemangat untuk masyarakat Indonesia menyambut olimpiade
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.020 pelari dari berbagai kalangan meramaikan agenda Olympic Day Run di kompleks Gelora Bung Karno Senayan yang diinisiasi Lazada Group untuk menyambut pelaksanaan Olimpiade Tokyo Jepang pada bulan Juli-Agustus 2020.

"Olimpiade akan berlangsung tepat bulan ini di tahun depan, acara ini menjadi penyemangat untuk masyarakat Indonesia menyambut olimpiade," tutur CEO Lazada Indonesia Chun Li di Jakarta, Minggu.

Lazada yang merupakan anggota Alibaba Group ini menjadi mitra resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan mendukung penuh pelaksanaan agenda olahraga terbesar sedunia itu.

Selain dihadiri ribuan masyarakat, acara tersebut juga turut dihadiri sejumlah tokoh pemerintahan hingga atlet nasional antara lain Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir, atlet angkat besi Eko Yuli, atlet panah Dellie T., dan juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Puan Maharani yang menyempatkan diri untuk membuka acara itu.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Ketua KOI Erick Thohir mengapresiasi upaya Lazada yang mengingatkan masyakarat Indonesia untuk bersiap menyambut olimpiade tahun depan.

Ia menilai, kegiatan olahraga berskala multinasional bisa menjadi media perekat kebangsaan dan persatuan.

"Saya mengutip pernyataan presiden IOC (Thomas Bach), menurut dia di tengah situasi dunia yang penuh konflik, olimpiade bisa menjadi pengingat kalau olahraga dan sportifitas bisa membawa kedekatan orang-orang dari seluruh dunia," kata Erick memaparkan.

Selain itu, KOI juga berharap kegiatan ini menjadi momen untuk mendorong masyarakat memberikan dukungan kepada para atlet nasional yang akan berlomba di Olimpiade Tokyo 2020.

"Harapannya ya keberhasilan di Asian Games kemarin (2018) bisa terulang lagi di Olimpiade 2020, tentu dengan dukungan dan doa dari masyarakat," katanya menambahkan.

Baca juga: Mengenal robot-robot Olimpiade 2020 yang disiapkan Jepang

Baca juga: Medali Olimpiade 2020 Tokyo diluncurkan

Baca juga: Satu tahun jelang Olimpiade, Tokyo dinilai paling siap

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019