Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil ikut serta meramaikan event Bandung West Java Marathon 2019 kategori 5K,  yang dimulai pukul 06.00 WIB dari Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Minggu.

Tahun ini, total ada 10.000 pelari yang ikut serta dalam acara lari yang diadakan oleh Pemprov Jabar dan produsen air minuman isotonik edisi ketiga dengan mengusung tema 'The Pride of West Java Sport  Tourism'.

Ada empat kategori lari, yakni 5K, 10K, Half Marathon (21K), dan Full Marathon (42K).

Gubernur Emil mengaku bersyukur bisa ikut berlari meskipun tengah mengalami masalah di bagian kakinya.  Emil pun menyimpulkan bahwa kekuatan fisik bukan satu-satunya ukuran untuk ikut serta dalam event marathon.

“Tadinya saya mau berjalan saja, karena ada masalah (di bagian kaki) sedikit. Tapi karena banyak banget yang lari, ada anak kecil larinya kencang, jadi malu juga (kalau tidak ikut lari),” tutur Emil.

“Makanya saya bilang kuncinya ada di semangat bukan di fisik,” imbuhnya.

Emil pun bangga karena event marathon ini disambut astusiasme tinggi dari masyarakat.

Buktinya, kuota 10.000 pelari ludes hanya dalam waktu 45 menit. Peserta pun tidak hanya warga Jawa Barat, tapi dari seluruh penjuru Tanah Air.

“Banyak yang komplain (karena kehabisan kuota) tidak hanya ke panitia, tapi ke saya juga. Pengen daftar tapi tidak bisa, karena jatahnya hanya 10 ribu,” ujar Emil.

Emil menambahkan, event marathon ini tidak hanya sekadar acara olahraga, tetapi Bandung West Java Marathon menjadi bagian dari promosi pariwisata Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

“Dan ini (Bandung West Java Marathon) promosi sport tourism kami,” ujar Emil.

Event marathon dengan jumlah peserta 10.000, lanjut Emil, bisa berdampak kurang lebih Rp 10-15 miliar kepada ekonomi masyarakat dari sisi akomodasi.

Dia pun berharap akan semakin banyak masyarakat yang bergerak untuk olahraga.

“Semakin banyak kita bergerak, semakin kita yakin masyarakat Indonesia harus sehat. Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,” kata Emil.

Baca juga: Lomba Paddle dan kayak marathon akan digelar di Belitung
Baca juga: Athletica Talent dorong bibit marathon dari Pangalengan

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019