Balikpapan, (ANTARA) - Persiba tak ingin pulang dengan tangan kosong usai bertandang jauh-jauh ke Biak, Papua Barat. Tim Beruang Madu menargetkan poin dari Stadion Cendrawasih dalam pertandingan lanjutan Liga 2, Senin.

“Anak-anak sudah siap. Mereka juga punya semangat yang sama untuk mendapatkan yang terbaik,” kata Pelatih Persiba Satia Bagdja, Minggu.

Persiba tiba di Biak Minggu pagi setelah transit di Makassar hingga dinihari. Minggu sore ini tim mencoba lapangan Stadion Cendrawasih sekalian melakukan peregangan otot-otot yang kaku selama perjalanan.

Main di kandang lawan di bawah matahari sore di stadion dekat pantai, Pelatih Bagdja memberi instruksi sederhana bagi Taufiq Kasrun dan kawan-kawan: “Saya ingin kalian main sabar, tenang, dan pertahankan bola selama mungkin.”

Menurutnya sudah lazim tim tuan rumah akan main menekan sejak awal, memanfaatkan keuntungan main di lapangan yang dikenal baik rumputnya dan suasananya, dan dukungan melimpah suporter.

“Kalau main tenang, tidak gampang emosi, kemampuan terbaik kalian keluar,” jelasnya. Ia juga menambahkan, menghadapi PSBS yang sedang naik moralnya usai membungkam Persewar Waropen di kandang musafirnya di Pasuruan tidak bisa dengan terburu-buru.

Anak-anak Beruang Madu juga telah diingatkan ketika mereka bermain di bawah tekanan saat menghadapi Persik Kediri, meski pun itu di stadion sendiri di Batakan. Selama pertandingan, terutama di babak kedua, Persiba kehilangan irama permainan yang dirusak Persik dengan permainan keras dan tekanan rapat.

Nyaris tak ada kesempatan bagi Andre Dio dan kawan-kawan menguasai bola dengan nyaman. Akibatnya, Persiba kebobolan dua gol dalam selang waktu kurang dari 10 menit, dan akhirnya kalah 0-2.

Karena emosi juga, Andre Dio gagal mengeksekusi penalti. Bola tendangannya disergap kiper Fajar Setya dengan sempurna yang dalam pertandingan itu bermain sangat tenang.

“Saya kira anak-anak sudah belajar dari kekalahan itu. Karena itu saya percaya mereka akan memberikan yang terbaik, mulai dari Biak,” yakin Pelatih Bagdja.

Persiba hanya membawa 15 pemain dalam pertandingan kali ini. Karena itu Pelatih Bagdja membawa pemain yang sekurangnya bisa bermain di 3 posisi. Sejak Kamis lalu ia juga mengontrol ketat kondisi semua pemain.

Persiba saat ini menghuni posisi keenam klasemen sementara Liga 2, menang selisih gol memasukkan dan kemasukan dari tuan rumah PSBS yang nangkring di posisi ke-7. Kedua tim mengantongi poin yang sama, yaitu 7.

Baca juga: Madura United lumat Badak Lampung 5-1

Baca juga: Bertandang ke markas Babel United, PSMS ingin curi poin

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2019