Sebab, tolong menolong itu juga bagian dari ibadah,
Lebak (ANTARA) - Wakil Bupati Lebak, Provinsi Banten, Ade Sumardi meminta jamaah calon haji (calhaj) memiliki sikap tolong menolong dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Kami yakin semua calon haji memiliki sikap tolong menolong," kata Ade Sumardi saat pelepasan jamaah calhaj Kloter 53 di Pendopo Sekertariat Daerah Lebak, Minggu.

Pelaksanaan ibadah haji, kata dia,  sangat membutuhkan energi banyak, karena wajib menjalankan syarat-syarat dan rukun haji yang dinilai begitu berat.

Di antaranya melaksanakan sai, tawaf, wukuf, melempar jumrah dan proses ibadah-ibadah lainnya.

Karena itu, pihaknya meminta jamaah calhaj sal Lebak agar menjaga stamina kondisi badan sehat.

Selain itu juga memiliki sikap tolong menolong bagi usianya tergolong masih muda untuk memperhatikan dan membantu para calhaj yang sudah usia lanjut.

"Sebab, tolong menolong itu juga bagian dari ibadah," katanya.

Begitu juga,kata dia, petugas haji diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dalam melayani tamu Allah SWT.

"Kami berharap calon haji Lebak itu bisa menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," katanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, H.A Bazari Syam meminta calhaj memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama perjalanan menuju Tanah Suci dengan beristrahat karena  diperlukan ketahan fisik yang cukup dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

"Saya mengingatkan kepada seluruh jamah agar tidak takut dan khawatir, karena akan selalu didampingi oleh petugas dari pemerintah," katanya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lebak Akhmad Tohawi menyebutkan jumlah jamaah calhaj Kabupaten Lebak 1440 H/ 2019vM Kloter JKG- 53 berjumlah 385 orang terdiri atas laki-laki 182 orang dan perempuan 203 orang.

Untuk usia 19 sampai 74 tahun sebanyak 340 orang dan usia di atas 74 tahun tercatat 45 orang dan usia tertua 96 tahun atas nama Sumedi Jaeli Jahidi Kp. Naga 1 Kecamatan Cibeber,sedangkan usia termuda 19 tahun atas nama Muhamad Mul Fauz Kampung Cikawah Kecamatan Sobang.

"Kami berharap calhaj Lebak menjadi haji mabrur dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga di Tanah Air," ujarnya.

Baca juga: 708 calon haji Lebak siap diberangkatkan ke Tanah Suci

Baca juga: Daftar tunggu haji di Lebak sampai 2031

Baca juga: Enam jamaah calon haji Banten gagal berangkat

Pewarta: Mansyur Suryana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019