berkumpulnya para keturunan raja tersebut merupakan momen indah
Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah meminta Majelis Keturunan Tomanurung yang merupakan perkumpulan keturunan raja di Sulawesi Selatan bisa turut serta dalam pembangunan yang ada di Sulsel.

Nurdin menyampaikan hal itu saat melantik kepengurusan Majelis Keturunan Tomanurung   di Baruga Pattingaloang, Makassar, Minggu.

Gubenur berharap komunitas ini bisa  memberikan masukan positif bagi kesejahteraan rakyat di Sulsel.

"Komunitas ini diharapkan bisa menjadi wadah saling bertukar pikiran untuk berbagai persoalan yang ada di Sulawesi Selatan, dapat pula dijadikan tempat meminta petuah atau arahan jika ada hal yang mesti dirembukkan untuk kepentingan bersama," papar mantan Bupati Bantaeng yang juga menjadi dewan pembina. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb juga menghadiri  pengukuhan Majelis Keturunan Tomanurung tersebut.

"Masih banyak yang tidak tahu sejarah yang ada di Sulawesi Selatan, tapi dengan adanya Majelis Keturunan Tomanurung ini kita bisa belajar dan tentunya diharapkan memiliki program kerja yang bisa membantu Pemerintah Kota Makassar," kata Iqbal.

Ia menambahkan bila melihat berkumpulnya para keturunan raja tersebut merupakan momen indah dan menambah salah satu catatan sejarah kebudayaan di Sulsel.

Di Sulsel, ia mengakui, terdapat sejumlah kerajaan dengan para raja yang turut serta membangun Sulsel dan kini keturunannya sudah menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Raja asal Sulsel diyakini berasal dari keturunan yang sama yakni Tomanurung atau dapat diartikan manusia yang berasal dari langit. Hal inilah yang mendasari dibentuknya Majelis Keturunan Tomanurung.



Baca juga: Wisata budaya dan bahari jadi andalan Makassar
Baca juga: Menelusuri jejak budaya Bugis dalam tenun Pagatan 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019