Rouhani berharap "keakraban" PM Johnson dengan Iran akan membantu

Rouhani berharap "keakraban" PM Johnson dengan Iran akan membantu

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson terlihat di luar Downing Street di London, Inggris, Kamis (25/7/2019). (REUTERS/HANNAH MCKAY)

Jenewa (ANTARA) - Presiden Iran Hassan Rouhani pada Minggu mengharapkan bahwa "keakraban" Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dengan Negara Republik Islam akan meningkatkan hubungan antara Iran dan Inggris.

Dalam pesan yang diunggah di laman kepresidenan, Rouhani memberi ucapan atas penunjukkan Johnson, sebagaimana diberitakan Reuters.

Ketegangan antara London dan Teheran berbalik menjadi paling buruk pada bulan ini.

Baca juga: Inggris: Iran mungkin tempuh "jalur berbahaya" pascapenyitaan tanker

Iran memerintahkan penyitaan kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz pada 19 Juli, dua pekan setelah pasukan Inggris menangkap kapal tanker minyak Iran di dekat Jibraltar dengan menuduh kapal tersebut melanggar sanksi terhadap Suriah.

"Saya berharap bahwa keakraban Anda dengan masalah-masalah hubungan antara Iran dan Inggris dan kehadiran Anda di Teheran akan dapat dipertimbangkan membantu menyingkirkan kendala yang saat ini dihadapi di tengah meningkatnya dan perluasan hubungan di antara kita," kata Rouhani dalam suatu pernyataan.

Baca juga: Bahrain kecam penyitaan tanker Inggris oleh Iran
Baca juga: Khamenei janji Iran akan balas "pembajakan" tanker oleh Inggris


Sumber: Reuters

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar