Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta menghadirkan program rumah susun sederhana milik (Rusunami) Menara Samawa (solusi rumah warga) dengan DP Rp0 di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Menurut Humas Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Yulianita di Jakarta, Senin, saat ini ada 1790 warga DKI Jakarta yang dinyatakan lolos verifikasi persyaratan administrasi pengajuan kredit program hunian DP Rp0 yang berlangsung tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019, mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.
Suasana lorong Menara Samawa yang merupakan bagian dari program hunian DP Rp0. (ANTARA/Yogi Rachman)


Menara Samawa memiliki 21 lantai dengan 780 unit yang terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe studio, satu kamar tidur, dan dua kamar tidur.

Baca juga: Masih banyak warga yang ingin daftar program hunian DP Rp0

"Dari masing-masing unit ada dua tipe lagi. Pertama ada tipe Studio, terbagi Studio A ada 160 unit dan Studio C ada 80 unit. Perbedaan dari tipe itu luasnya saja," kata Yulianita.
Suasana unit tipe studio. (ANTARA/Yogi Rachman)


Tipe studio dilengkapi dengan satu kamar mandi yang terletak di bagian sisi kiri dari pintu masuk. Luas untuk tipe Studio A 21 meter persegi sedangkan untuk tipe studio corner luasnya bertambah menjadi 22,25 meter persegi.

Untuk tipe satu kamar, saat membuka pintu akan dihadapkan oleh lorong dengan lokasi kamar mandi di sebelah kanan dari arah pintu masuk.

Baca juga: Warga apresiasi program hunian DP Rp0

"Tipe satu kamar tidur A dan satu kamar tidur C itu juga beda di luasnya. Untuk tipe satu kamar tidur C tersedia 20 unit," lanjut Yulianita.
Suasana unit tipe satu kamar tidur. (ANTARA/Yogi Rachman)


Selanjutnya untuk tipe dua kamar, letak kamar mandi tetap berada dekat pintu masuk. Namun terlihat nampak luas karena terdapat ruang untuk ruang tamu.
Ketika membuka pintu masuk, akan terlihat dua kamar yang terletak bersebelahan.
Suasana unit tipe dua kamar tidur. (ANTARA/Yogi Rachman)


"Tipe dua bedroom A yang jumlahnya paling banyak di menara Samawa ada 340 unit. Terus ada tipe 2 bedroom C yang jumlahnya hanya 20 unit yang di masing-masing lantai cuma ada satu unit," kata Yulianita.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019