Bupati Bogor akan jemput dana Rp132 miliar ke Korea Selatan

Bupati Bogor akan jemput dana Rp132 miliar ke Korea Selatan

Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin. (M Fikri Setiawan).

Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin akan berkunjung ke Busan, Korea Selatan pada bulan September mendatang, untuk mengambil dana hibah senilai Rp132 miliar yang diberikan oleh Pemerintah setempat.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, dana hibah tersebut merupakan lanjutan hibah peralatan water treatment senilai Rp2,8 miliar dari Pemerintah Busan, Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Kita diundang ke Busan, dan kami akan diberikan hibah kembali senilai Rp132 miliar untuk teknologi water treatment," ujar Ade Yasin saat menerima kunjungan Bupati Hamyang, Korea Selatan, Seo Chunsu di Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (29/7/2019).

Tapi, dana yang rencana semula diserahkan langsung ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, pemberiannya akan diperantarai oleh Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Keuangan, mengingat nilainya yang terbilang besar.

"Kalau ratusan miliar itu harus melalui kementerian, lalu diturunkan ke Bogor. Tetapi itu sudah fix akan kami dapat, syaratnya saya harus kunjungan balasan ke sana," kata Ade Yasin.

Ia mengatakan, Pemerintah Busan sudah menunjukkan itikad baiknya dalam kerja sama terkait teknologi water treatment. Terbukti, aset senilai Rp2,8 miliar berupa peralatan water treatment dari Pemerintah Busan, kini sedang proses untuk bisa dipasang di Perumahan Bukit Rancamaya, Kabupaten Bogor.

Ade Yasin berharap, kerjasamanya dengan Pemerintah Busan, Korea Selatan bisa membantu penyediaan air bersih di Kabupaten Bogor yang belum semua terjamah oleh PDAM Tirta Kahuripan.

"Airnya pun tidak mengandalkan mata air, tapi mereka mengolahnya melalui air permukaan atau air sungai. Sehingga tidak mengganggu habitat atau eksploitasi air besar-besaran dari gunung," tuturnya.

Baca juga: PJT II hibahkan 'water treatment plant' untuk korban bencana Sulteng

Baca juga: Menristekdikti resmikan purwarupa teknologi pengolaan air

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Bogor awasi penerapan protokol kesehatan pada ojek online

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar