Sebelumnya Sakijah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22 embarkasi antara Batam calhaj Kabupaten Batanghari, Jambi,
Jambi (ANTARA) - Kesehatan seorang calon haji (Calhaj) Jambi yang sempat menderita sakit karena alami gejala gagal ginjal membaik dan diizinkan menunaikan ibadah haji.

"Saat menjalani pemeriksaan kesehatan tahap akhir sebagian organ tubuh calhaj itu membengkak karena alami gejala gagal ginjal, namun saat ini sudah pulih dan kita mendapatkan memo dari spesialis jantung bahwa yang bersangkutan telah layak untuk menunaikan ibadah haji," kata Kasi Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Jambi, Andrian Lista Tarigan di Jambi, Selasa.

Sebelumnya Sakijah tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22 embarkasi antara Batam calhaj Kabupaten Batanghari, Jambi.

Namun saat memasuki asrama haji kesehatannya menurun karena alami gejala gagal ginjal. Selain itu, calhaj tersebut juga memiliki riwayat penyakit diabetes melitus dan stroke. Sehingga keberangkatannya menuju Tanah Suci Mekkah terpaksa harus ditunda hingga kondisi kesehatannya membaik dan dinyatakan layak untuk menunaikan ibadah haji.

Baca juga: Sempat tertunda, calhaj Jambi diberangkatkan ke Mekkah

Saat ini kondisi kesehatan calhaj itu telah membaik dan KKP daerah itu juga telah menerima memo dari dokter spesialis jantung yang menyatakan calhaj tersebut layak untuk berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Calhaj itu akan di berangkatkan pada esok hari Rabu (30/7) bersama dengan calhaj kloter 27 embarkasi antara Batam.

Sementara itu jemaah calon haji (JCH) kloter 26 Provinsi Jambi telah diberangkatkan menuju Arab Saudi sekira pukul 10.00 wib hari ini. Terdapat 447 orang JCH pada kloter ke 26 tersebut dengan jumlah beresiko tinggi sebanyak 299 orang.

Baca juga: Calhaj Kloter 23 dan 24 Jambi sebagian besar berisiko tinggi

Terdapat satu orang jamaah tambahan bersamaan dengan JCH kloter 26 tersebut. Calhaj tambahan tersebut merupakan calhaj dari Kabupaten Merangin, dimana pada saat pemeriksaan kesehatan di asrama haji kondisi kesehatanya menurun dan harus mendapatkan perawatan.

Karena kondisi kesehatannya sudah membaik calhaj tersebut diizinkan melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci Mekah bersamaan dengan JCH dari kloter 26.

Saat ini terdapat JCH kloter 27 yang telah memasuki asrama haji daerah itu dan akan d​​​​​​iberangkatkan ke Tanah Suci Mekah pada esok hari. Dan pasca keberangkatan JCH kloter 27 tersebut, maka menyisakan satu kloter keberangkatan JCH daerah itu yang tergabung dalam kloter 28.

Baca juga: Seorang calhaj Jambi gagal ginjal, dirujuk ke rumah sakit

 

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019