counter

Anak Johanis Leimena tinjau RSUP di Ambon

Anak Johanis Leimena tinjau RSUP di Ambon

Gubernur Maluku, Said Assagaff, meninjau pekerjaan konstruksi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Kemaritiman Maluku, di Desa Rumah Tiga, Kota Ambon. (Foto : Jimmy Ayal)

Kami memprogramkan bila RSUP telah beroperasi, maka diusahakan tidak ada lagi masyarakat Maluku yang dirujuk ke luar daerah karena tersedia para dokter spesialis maupun peralatan modern,
Ambon (ANTARA) - Anak dari pahlawan nasional, dr.Johanis Leimena yang namanya diabadikan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dibangun di kawasan Wailela, kecamatan Teluk Ambon, kota Ambon, Meilani Suharli, Selasa, meninjau pembangunan fasilitas kesehatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku, Meykel Pontoh membenarkan peninjauan Meilani yang juga anggota DPR-RI dari Partai Demokrat untuk menyaksikan pembangunan gedung yang peletakan batu pertamanya oleh Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek pada 25 Juli 2018.

"Mantan Wakil Ketua MPR RI periode 2009 hingga 2014 ini ingin menyaksikan realisasi pembangunan gedung RSUP yang mengabdikan nama ayahnya terkait agenda pembukaan praresmi pada Oktober 2019," ujarnya.

Ia mengharapkan, kehadiran anggota Komisi VI DPR -RI ini sekembalinya ke Jakarta bisa mendukung percepatan pembangunan gedung maupun sarana dan prasarana pendukung RSUP, pengadaan peralatan kesehatan serta sumber daya manusia(SDM).

RSUP bila beroperasi nantinya membantu pelayanan kesehatan masyarakat, terutama untuk penyakit tidak dapat ditangani rumah sakit milik daerah atau swasta.

"Kami memprogramkan bila RSUP telah beroperasi, maka diusahakan tidak ada lagi masyarakat Maluku yang dirujuk ke luar daerah karena tersedia para dokter spesialis maupun peralatan modern," tambah Meykel.

Sebelumnya, Kadis PU Maluku, Ismael Usemahu mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2019 mengalokasikan Rp112 miliar untuk merampungkan gedung RSUP dr. Johanis Leimena.

Baca juga: KPUPR alokasikan Rp112 miliar rampungkan RSUP Ambon

"Jadi ini tahap kedua pembangunan gedung RSUP dr. Johanis Leimena, menyusul tahap pertama senilai Rp196 miliar," ujarnya.

Dia mengemukakan, pembangunan RSUP tersebut merupakan salah satu dari 11 program prioritas untuk pembangunan Maluku yang telah disetujui Presiden Joko Widodo.

"Jadi RSUP termasuk salah satu dari 11 program strategis nasional yang telah diputuskan pemerintah pusat sehingga pembangunan dan pengadaan sarana dan prasarana didanai APBN melalui Kemenkes yang ditargetkan nenyerap lebih dari Rp500 miliar," jelas Ismael.

Dokter Johanis Leimena adalah tokoh asal Maluku yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden No.52/TK tahun 2010. Pahlawan Nasional tersebut lahir di desa Ema, kecamatan Leitimur Selatan, kota Ambon pada 6 Maret 1905 dan meninggal dunia dalam di Jakarta 29 Maret 1977

Baca juga: Ratusan calon peserta daftar Tour d'Ambon Manise 2019

Baca juga: Indonesia ajukan Ambon sebagai kota musik dunia

 

Pewarta: Alex Sariwating
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar