Boyolali (ANTARA) - Calon haji asal Embarkasi Surakarta Jawa Tengah yang wafat hingga pemberangkatan kelompok terbang 79 asal Kabupaten Demak bertambah satu, sehingga totalnya menjadi tujuh orang.

"Berdasarkan informasi yang diterima melalui Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Embarkasi Surakarta, menyebutkan satu calon haji yang wafat tersebut yakni Enny Djatmiko (76), warga Jalan Rasamala RT 1 RW 11 Teluk Kabupaten Banyumas Jateng tergabung kloter 68," kata Kepala Sub Bagian Penerangan Humas dan Protokol Embarkasi Surakarta Agus Widakdo, di Asrama hHaji Donohudan Boyolali, Selasa.

Menurut Agus Widakdo, calon haji  asal Banyumas tersebut dilaporkan wafat di Rumah Sakit Arab Saudi, pada Minggu (28/7), sekitar pukul 20.07 Waktu ASrab Saudi, karena sakit gangguan jantung. Jenazahnya sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharayya Mekah Arab Saudi.

Dengan dilaporkan satu calon haji wafat tersebut, sehingga totalnya bertambah menjadi 7 orang. Tujuh orang itu, terdiri dari lima orang wafat di Tanah Suci Mekkah, satu di dalam pesawat perjalanan ke Tanah Suci, dan satu lainnya di asrama haji di Boyolali.

Agus menjelaskan lima calon haji Embarkasi Surakarta yang masih dirawat dan dirujuk ke RSU Dr. Morwardi Solo, ada satu orang, yakni Nur Hesti Mulyanti Kardjono (40) tergabung kloter 72 asal Kabupaten Banjarnegara karena sakit.

"Empat calon haji lainnya menjalani obserasi di Poliklinik Asrama Haji Donohudan Boyolali," katanya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta hingga pemberangkatan calon haji kloter 79 asal Kabupaten Demak Jateng sebanyak 359 orang, sehingga total yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci berjumlah 28.316 orang.

"Kami Selasa ini, telah memberangkatkan calon haji dua kloter ke Tanah Suci, yakni 78 sebanyak 359 orang dan 79 juga 359 orang. Kedua kloter ini, asal Demak Jateng," katanya.

Menurut dia, calon haji kloter 78 telah diberangkatkan melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, menuju Bandara King Abdul Azis Jedah Arab Saudi, pada pukul 13.32 WIB atau lebih cepat delapan menit dari jadwal semula.

"Calon haji kloter 79 asal Demak kemudian menyusul pada pukul 13.59 WIB atau lebih cepat 11 menit dari waktu yang dijadwalkan," kata Agus.

Baca juga: Bertambah menjadi enam calhaj Embarkasi Surakarta yang meninggal
Baca juga: Jamaah Embarkasi Surakarta wafat bertambah satu
Baca juga: Jumlah calon haji pengguna kursi roda di Embarkasi Surakarta meningkat

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019