BP belum berencana membawa tankernya melintasi Selat Hormuz

BP belum berencana membawa tankernya melintasi Selat Hormuz

Jet-jet tempur F/A-18F disiagakan di atas kapal induk milik Amerika Serikat, USS Abraham Lincoln, di Teluk Oman dekat Selat Hormuz pada 15/7/2019. ANTARA/REUTERS/Ahmed Jadallah/aa

London (ANTARA) - Perusahaan minyak BP belum berencana membawa tankernya melintasi Selat Hormuz sejak 10 Juli, saat Iran berupaya menyita salah satu kapal miliknya, kata Kepala Bagian Keuangan perusahaan Inggris BP, Brian Gilvary pada Selasa.

Perusahaan minyak dan gas itu saat ini belum berencana membawa salah satu tankernya melintasi selat tersebut, kata Gilvary, yang mengatakan BP sedang mengirim minyak ke luar daerah dengan menggunakan tanker sewaan.

"Kami akan terus melakukan pengiriman melalui selat itu namun anda tidak akan melihat tanker berbendera BP melintas dalam jangka pendek," kata dia.

Ketegangan antara Iran dan Inggris meningkat pada Juli ini, saat pasukan komando Iran menyita tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz, jalur pengiriman minyak terpenting di dunia.

Penyitaan itu terjadi dua pekan setelah sebelumnya pasukan Inggris menahan tanker minyak Iran di dekat lepas pantai Gibralgtar lantaran diduga melanggar sanksi Uni Eropa terhadap Suriah.

Sumber: Reuters

Baca juga: Bahrain "kecam keras" upaya penghadangan tanker Inggris oleh Iran

Baca juga: Pegiat Greenpeace hentikan alat pengeboran BP di Laut Utara

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Luhut tidak takut bercengkerama dengan masyarakat

Komentar