Abu Dhabi (ANTARA) - Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi, mengucurkan dana "acara spektakuler" sebesar 163,4 juta dolar AS guna mendanai mitra hiburan potensial sebagai bagian dari strateginya untuk meningkatkan pariwisata sekaligus melakukan diversifikasi di bidang ekonomi.

Ibu Kota Uni Emirat Arab itu telah menghabiskan miliaran dolar untuk infrastruktur, pariwisata dan industri guna menghindari ketergantungan terhadap minyak, namun masih tertinggal jauh dari Dubai, yang juga bagian dari UAE, dalam menarik pengunjung.

"Ambisi ini akan berupaya menarik penyelenggara acara bisnis dan hiburan terbaik dari seluruh dunia agar mempertimbangkan Abu Dhabi sebagai tempat untuk investasi waktu dan upaya mereka," kata Direktur Jenderal Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Saif Saeed Ghobash salam satu pernyataan, Selasa.

Dana tersebut merupakan bagian dari langkah awal investasi dan reformasi 50 miliar dirham yang dikenal sebagai "Ghadan 21".

"Ghadan" berarti besok dalam bahasa Arab.

Daya tarik yang kini dimiliki Abu Dhabi di antaranya Formula One, Louvre Abu Dhabi dan taman hiburan Warner Bros. Dua museum baru yakni Guggenheim dan Museum Nasional Zayed sedang dalam pembangunan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Putra Mahkota Abu Dhabi: UAE jamin kebebasan maritim di kawasan

 

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019