Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 22 klub terbagi dalam empat grup dipastikan berkompetisi dalam Liga 3 Aceh 2019 yang akan memperebutkan dua tiket mengikuti persaingan serupa tingkat regional Sumatera.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam di Banda Aceh, Selasa, menyebutkan, klub peserta kompetisi sepak bola Liga 3 Aceh tersebut merupakan anggota dan calon anggota yang sudah mendapatkan pengesahan PSSI Pusat.

"Sebelumnya, ada 32 klub yang ikut kompetisi Liga 3 Aceh. Namun, jelang hari pelaksanaan, hanya 22 klub yang menyatakan kesiapannya," kata Nazir Adam.

Kompetisi Liga 3 Aceh dimulai 1 Agustus 2019 dengan peserta yang dibagi dalam empat grup. Grup A terdiri delapan klub dengan tuan rumah PSBL dan berlangsung di Kota Langsa.

Grup B terdiri empat klub dengan tuan rumah Persip Pase dan berlangsung di Stadion Krueng Mane, Kabupaten Aceh Utara.

Grup C terdiri enam klub dengan tuan rumah PSGL Gayo Lues. Pertandingan Grup C digelar di Stadion Seribu Bukit, Blangkejeren, ibu kota Kabupaten Gayo Lues.

Grup D terdiri empat klub dengan tuan rumah PSAB Aceh Besar. Pertandingan Grup D digelar di Stadion Sport Center, Kota Jantho.

Nazir Adam menyebutkan, empat tuan rumah rumah babak penyisihan Liga 3 Aceh sudah siap menyelenggarakan pertandingan. Bahkan, klub-klub peserta liga sudah berada di masing-masing tuan rumah.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh periode 2018-2022 itu menambahkan, untuk Grup B dan Grup D, dua klub dengan poin terbanyak akan melaju ke babak berikutnya.

"Sedangkan Grup A dan Grup C akan dibicarakan lebih lanjut. Sebab, Grup A ada delapan klub dan Grup C enam klub. Kami akan tawarkan Grup A yang lolos empat klub dan Grup C tiga klub serta satu tempat lagi diambil dari play off," papar Nazir Adam.

Menurut mantan Wakil Bupati Pidie, Aceh, itu, format klub yang lolos dari Grup A dan Grup C akan disepakati nanti dalam pertemuan dengan peserta. Sebab, jumlah kedua grup itu lebih dari empat tim.

"Kami berharap ada peserta Liga 3 Aceh ini bisa tembus enam besar nasional. Klub yang masuk enam besar nasional dipastikan lolos berkompetisi di Liga 2 tahun berikutnya. Saat ini, hanya Persiraja Banda Aceh yang berkompetisi di Liga 2," pungkas Nazir Adam.

Baca juga: Kemenpora sebut kompetisi liga berjenjang mulai dapatkan hasil
Baca juga: Persiraja genjot fisik pemain hadapi kompetisi Liga 2

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019