counter

Banjir kembali usik warga Kabupaten Parigi Moutong

Banjir kembali usik warga Kabupaten Parigi Moutong

Akibat hujan deras Desa Sausu Piore, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah diterjang banjir. Puluhan rumah di desa itu terendam air setinggi betis orang dewasa karena debit ait sungai sekitar wilayah tersebut deras sehingga meluap hingga ke pemukiman warga, Selasa (11/6). (Antaranews/Ist)

Parigi Moutong (ANTARA) - Banjir kembali dilaporkan mengusik ketentraman warga di sejumlah desa di Kabupaten Parigi Moutong, menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah itu selama beberapa jam.

Seorang petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah , Yoga di Palu, Selasa malam membenarkan adanya bencana alam banjir di daerah tersebut.

Banjir terjadi sore hari ini di beberapa desa di wilayah Tinombo akibat air sungai meluap dan ada titik daerah aliran sungai yang jebol diterjang banjir sehingga air mengalir ke permukiman penduduk. Bahkan Rumah Sakit Daerah (RSUD) di wilayah itu ikut terdampak banjir.

Berdasarkan informasi sementara dari BPBD Kabupaten Parigi Moutong tidak ada korban jiwa. Kecuali beberapa rumah warga rusak sedang dan berat karena tertimbun lumpur.

Hingga malam ini, kata Yoga, tim dari BPBD dam Basarnas sudah mengevakuasi warga yang terdampak banjir ke rumah warga yang tidak terkena dampak.
 
Namun, katanya, sebagian warga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumahnya karena air sudah surut, kecuali warga yang rumahnya rusak berat dan tertimbun lumpur belum bisa kembali ke rumah dan sementara menumpang di rumah warga lainnya.

Beberapa waktu lalu banjir juga terjadi di Kabupaten itu dan sempat memutuskan jalur Trans Sulawesi menuju Gorontalo dan Manado.

Baca juga: Banjir terjang Tinombo Parigi Moutong
Baca juga: Ratusan Rumah di Parigi Moutong Masih Terendam
Baca juga: Tiga Desa di Parigi Moutong Terendam Banjir

 

Pewarta: Anas Masa
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mapag hujan, strategi Pemkot Bandung antisipasi banjir

Komentar