Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melangkah ke babak kedua turnamen Thailand Open 2019 dengan mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang dengan dua gim langsung 22-20, 21-19.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Fajar/Rian di kandang pada ajang Blibli Indonesia Open 2019.

"Kami bersyukur bisa menang dan membalas kekalahan. Di sini kami lebih siap, kalau di pertemuan sebelumnya kami masih cari pola dan kurang siap bola pengembalian pertama keduanya. Tadi kami sempat ketinggalan, tapi kami coba tetap fokus dan yakin," kata Rian dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Kali ini Fajar/Rian bermain lebih siap dan telah mempelajari penyebab kekalahan mereka sebelumnya.

"Kami bisa bermain fokus, memang tidak mau terulang lagi kekalahan sebelumnya, karena ada peluang. Tadi kami berfikir untuk dapat poin satu per satu, masuk dulu bolanya. Waktu gim kedua awal, kami terlalu buru-buru, kami menang angin malah 'out' terus," tutur Fajar mengimbuhi.

Fajar menambahkan bahwa kedua pelatih yang mendampingi mereka bertanding, yaitu Herry Iman Pierngadi dan Aryono Miranat. Kedua pelatih itu memberikan instruksi agar mereka lebih sabar, fokus, tidak terlalu terburu-buru dan menjaga emosi.

Di babak kedua, Fajar/Rian akan bertemu dengan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India, dengan skor pertemuan sementara unggul 2-0 bagi pasangan Indonesia.

"Mereka kekuatannya kencang, kami harus waspada dengan bola-bola depan dan pola no-lob," kata Rian menjelaskan calon lawannya tersebut.

Saat berita ini diturunkan, unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon telah menyelesaikan pertandingan babak pertama melawan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov dari Rusia, dengan skor 21-14, 21-10.

Sedangkan dua wakil ganda putra harus terhenti yaitu Berry Angriawan/Hardianto dikalahkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong (Malaysia) dengan skor 11-21, 10-21, dan Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso yang ditundukkan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan), dengan skor 18-21, 19-21.

Dari nomor ganda putri, Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris juga harus tersingkir setelah dikalahkan Koharu Yonemoto/Shiho Tanaka (Jepang), dengan skor 20-22, 9-21.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019