Kami sangat mengapresiasi dukungan AS dalam mengatasi ancaman terorisme kerja sama intelijen dan pertukaran informasi negara-negara ASEAN melalui kerja sama Our Eyes Initiative
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan Delegasi Kongres Amerika Serikat House Democracy Partnership (HDP), di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu, yang membahas peningkatan kerja sama di bidang pertahanan.

Delegasi HDP itu dipimpin oleh Anggota Kongres Senior Amerika Serikat, David Price.

Siaran pers dari Biro Humas Kemhan, menyebutkan, beberapa hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu diantaranya terkait upaya peningkatan kerja sama pertahanan dan juga kerja sama antara Angkatan Bersenjata kedua negara yang telah terjalin erat selama ini.

Menhan Ryamizard mengatakan, kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Amerika Serikat telah berada pada level yang strategis, mengingat semakin tingginya kesamaan dan cara pandang di dalam upaya untuk mewujudkan kepentingan nasional kedua negara di tengah kompleksitas dinamika lingkungan strategis di kawasan yang semakin berkembang.

Beberapa kesamaan cara pandang tersebut diantaranya adalah kesamaan dalam menilai dan mengantisipasi beberapa isu strategis yang berpotensi menjadi ancaman pertahanan dan keamanan bersama di kawasan.

Ia menyebutkan Indonesia mengapresiasi atas dukungan Amerika Serikat dan membantu sepenuhnya inisiatif Indonesia di dalam mengatasi potensi ancaman terorisme dan radikalisme melalui pendekatan kerja sama trilateral Indonesia, Malaysia dan Filipina, serta kerja sama intelijen dan pertukaran informasi negara-negara ASEAN melalui kerja sama Our Eyes Initiative dan upaya-upaya lainnya guna terciptanya stabilitas keamanan di kawasan.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan AS dalam mengatasi ancaman terorisme kerja sama intelijen dan pertukaran informasi negara-negara ASEAN melalui kerja sama Our Eyes Initiative," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Beberapa kerangka kesepakatan kerja sama yang berhasil dicapai Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan diantaranya mengenai peningkatan saling kunjung pejabat tinggi Angkatan Bersenjata, penambahan Siswa TNI untuk mengikuti pendidikan di Amerika Serikat, kerja sama pertukaran informasi strategis, pendidikan intelijen, penyelenggaraan pendidikan dan latihan bagi pasukan Ranger dan Pasukan Khusus Indonesia.

Selain itu, adanya kemajuan kerja sama dalam bidang industri pertahanan dengan telah ditandatanganinya MoU kerja sama antara Boeing Amerika Serikat dengan PT Dirgantara Indonesia yang berisi kerja sama pengembangan teknologi, manufaktur, perawatan, dukungan pelatihan dan sertifikasi serta peningkatan kemampuan industri penerbangan untuk memenuhi kebutuhan TNI AU.

Sementara itu, Ketua Delegasi Kongres Amerika Serikat David Price menyampaikan bahwa kunjungan Delegasi Parlemen Amerika Serikat ke Indonesia ini sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Terkait kerja sama pertahanan, Kongres Amerika Serikat mengapresiasi atas terus meningkatnya kerja sama yang telah dilakukan kedua negara.

"Kami bangga sekali dengan kerja sama yang sudah kita lakukan, saya catat disini sudah ada 230 kerja sama tahunan yang sudah dilakukan kedua negara," tuturnya.

Kongres Amerika Serikat juga akan terus mendukung upaya-upaya yang dilakukan Kemhan RI dan Dephan AS serta Angkatan Bersenjata kedua negara seperti dalam hal peningkatan kerja sama latihan bersama dan peningkatan profesionalisme Angkatan Bersenjata kedua negara, pelatihan pasukan pemelihara perdamaian dan juga kerja sama penanggulangan bencana alam.

Turut mendampingi Menhan dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji dan beberapa pejabat Eselon I dan II Kemhan. Sementara itu, Delegasi dari Kongres AS yang turut dalam kunjungan antara lain Congressman Vern Buchanan, Congressman Susan Davis, Congressman Gerry Connolly, Congressman Neal Dunn, Congressman John Rutherford dan Congressman David Cicilline. Turut pula mendampingi Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan.

Baca juga: Menhan: potensi tak ada perpanjangan izin FPI keputusan presiden
Baca juga: Menhan : anggota TNI terpapar radikalisme sikapnya tak pancasilais

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019