Sosok milenial cocok untuk mengisi posisi-posisi puncak seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif atau Menteri Pariwisata karena posisi-posisi itu harus diisi oleh sosok-sosok muda dan kreatif.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economis and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menyarankan jabatan Menteri Pariwisata  untuk periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo diisi oleh generasi milenial.

"Saya sarankan kepada Presiden Joko Widodo untuk membuat kementerian ekonomi digital karena di situ tempat yang sesuai bagi generasi milenial, atau sosok milenial bisa ditunjuk untuk mengisi posisi Menteri Pariwisata," ujar Bhima di Jakarta, Rabu.

Bhima beralasan bahwa sosok milenial cocok untuk mengisi posisi-posisi puncak seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif atau Menteri Pariwisata karena posisi-posisi itu harus diisi oleh sosok-sosok muda dan kreatif.

Selain itu generasi milenial juga dinilai sangat memahami tren gaya hidup dan pariwisata baik yang sedang berkembang maupun yang akan datang.

Baca juga: Akademisi: Jokowi ingin siapkan kaum milenial jadi pemimpin
 


"Sedangkan untuk kementerian-kementerian lain memang beberapa posisi membutuhkan sosok berpengalaman dan jaringan yang luas, kendati usianya sudah tidak muda lagi asalkan dia bisa bekerja tidak masalah," kata pengamat Indef tersebut.

Sebelumnya Presiden Joko Widoo meminta partai politik untuk mengajukan profesional muda sebagai kader yang akan menempati posisi menteri pada 2019-2024.

Presiden menyebutkan kalau tidak ada dari partai, dirinya akan mencari sendiri tokoh muda dari kalangan profesional.

Selain itu Presiden juga mengakui sudah memiliki gambaran untuk kabinet yang akan membantunya dalam menjalankan tugas Presiden RI periode 2019-2024.

Presiden menyebutkan bahwa komposisi kabinet kemungkinan akan 60:40 atau 50:50 dari kalangan partai politik dan dari profesional.
Baca juga: Jokowi diharapkan pilih menteri ekonomi dari kalangan profesional

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019