kami mengharapkan para siswa dapat menyebarluaskan ilmu yang didapatnya kepada keluarga
Banjarnegara (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan melakukan sosialisasi mengenai mitigasi gempa dan tsunami di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"BMKG bersama-sama dengan BPBD Cilacap akan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Cilacap," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara) Setyoajie Prayoedhi di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan, acara sosialisasi tersebut mengangkat tema "membangun budaya tanggap gempa dan siaga tsunami".

Dia mengatakan, pihaknya ingin mengedukasi siswa di sekolah-sekolah agar memahami dan mengerti mengenai mitigasi bencana gempa dan tsunami.

"Pada intinya kami ingin mengedukasi siswa sekolah agar memahami dan mengerti terkait langkah-langkah mitigasi bencana gempa dan tsunami," katanya.

Dengan demikian, kata dia, para siswa akan mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan pada saat terjadinya gempa di wilayahnya masing-masing.

"Khususnya apa-apa yang harus dilakukan sebelum, sesaat dan setelah terjadinya gempa," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, para siswa di sekolah merupakan generasi muda yang diharapkan akan menjadi agen perubahan.

"Kami mengharapkan para siswa dapat menyebarluaskan ilmu yang didapatnya kepada keluarga dan lingkungan terdekatnya," katanya.

Sementara itu, dia juga mengatakan bahwa Stasiun Geofisika Banjarnegara ikut berpartisipasi dalam Ekspedisi Destana Tsunami 2019 yang dilaksanakan di Kebumen, Jawa Tengah.

"Stasiun Geofisika Banjarnegara turut berpartisipasi dalam kegiatan Ekspedisi Destana Tsunami 2019 Regional Jawa yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," katanya.

Kegiatan tersebut, kata dia, bertujuan untuk penguatan kesiapsiagaan masyarakat dan aparat desa di wilayah setempat.

Baca juga: Akademisi ingatkan pentingnya mitigasi bencana tsunami
Baca juga: Bahan ajar kesiapsiagaan bencana tsunami diuji coba di PAUD
Baca juga: LIPI siapkan peta rendaman tsunami skala 1:10.000


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019