London (ANTARA) - Produksi minyak OPEC pada Juli 2019 mencapai tingkat terendah dalam delapan tahun terakhir karena pemangkasan sukarela Arab Saudi memperdalam penurunan produksi OPEC, selain juga akibat sanksi AS terhadap Iran dan penghentian operasi produksi oleh anggota kelompok eksportir minyak mentah tersebut, ungkap survei dari Reuters.

Survei tersebut menyebutkan ke-14 anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) memompa produksi 29,42 juta barel per hari (bph) pada Juli, turun 280.000 bph dari angka revisi Juni. Angka total produksi OPEC ini adalah yang terendah sejak 2011.

Survei menunjukkan bahwa Arab Saudi tetap pada rencananya untuk secara sukarela menahan produksi dengan lebih rendah dari yang diminta oleh kesepakatan pasokan yang dipimpin OPEC untuk mendukung pasar. OPEC memperbarui pakta pasokan bulan ini, mengabaikan tekanan dari Presiden AS Donald Trump untuk memompa lebih banyak.

Meskipun pasokan OPEC lebih rendah, harga minyak mentah telah turun dari tertinggi 2019 di atas 75 dolar AS per barel pada April, menjadi 65 dolar AS Rabu (31/7), terbebani oleh kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi.

"Pembengkakan stok minyak global telah gagal menurunkan harga dan pasar tetap dipasok dengan baik," kata Stephen Brennock dari broker minyak PVM, meskipun ada pemotongan yang dipimpin OPEC.

OPEC, Rusia dan nonanggota lainnya, yang dikenal sebagai OPEC+, sepakat pada Desember untuk mengurangi pasokan sebesar 1,2 juta barel per hari mulai 1 Januari tahun ini. Bagian pemotongan dari OPEC adalah 800.000 barel per hari untuk 11 anggota,  dan membebaskan Iran, Libya dan Venezuela.

Pada Juli, 11 anggota OPEC terikat oleh perjanjian, yang sekarang berjalan sampai Maret 2020, mencapai 163 persen dari pemotongan yang dijanjikan, survei menemukan. Ketiga produsen yang dikecualikan juga memompa lebih sedikit minyak.

Penurunan pasokan terbesar datang dari Arab Saudi, yang telah memotong pasokan jauh di bawah target OPEC dalam upaya untuk mengurangi persediaan minyak. Survei ini mematok produksi Saudi sebesar 9,65 juta barel per hari, turun dari kuota 10,311 juta barel per hari.

Amerika Serikat menerapkan kembali sanksi terhadap Iran pada November setelah menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 antara Teheran dan enam kekuatan dunia. Sementara untuk mengurangi penjualan minyak Iran menjadi nol, Washington pada Mei mengakhiri sanksi keringanan bagi importir minyak Iran.

Ekspor minyak mentah Iran turun hingga 100.000 barel per hari pada Juli, menurut data kapal tanker dan sumber industri, dari lebih dari 2,5 juta barel per hari pada April 2018.

Di Venezuela, pasokan turun sedikit karena dampak pemadaman listrik, sanksi AS terhadap perusahaan minyak negara PDVSA, dan penurunan produksi jangka panjang, tulis survei.

"Ada pemadaman pada 22 Juli di mana berbagai bidang lambat pulih," kata seorang sumber industri yang melacak produksi Venezuela.

Produksi Libya turun karena penghentian di ladang minyak Sharara, sumur minyak terbesar di negara itu.

Produksi turun di Nigeria, tetapi eksportir terbesar Afrika yang mencari kuota OPEC lebih tinggi itu terus berproduksi di atas targetnya dengan margin terbesar.

Di antara negara-negara dengan produksi yang lebih tinggi, produsen Teluk, Kuwait dan Uni Emirat Arab, meningkatkan pasokan namun tetap di bawah target OPEC mereka.

Produksi Juli adalah yang terendah oleh OPEC sejak 2011, tidak termasuk perubahan keanggotaan yang telah terjadi sejak itu, survei Reuters menunjukkan.

Survei Reuters bertujuan untuk melacak pasokan ke pasar dan didasarkan pada data pengiriman yang disediakan oleh sumber eksternal, Refinitiv Eikon, yang mengalirkan data dan informasi dari sumber di perusahaan minyak, OPEC dan perusahaan konsultan.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019