Minyak terkoreksi meskipun terjadi penurunan lebih besar dari perkiraan dalam persediaan di AS dan penurunan produksi minyak mentah di antara anggota OPEC, bersama dengan Libya memotong ekspor, biasanya pendorong bullish untuk pasar
Tokyo (ANTARA) - Harga minyak jatuh lebih dari satu dolar AS di perdagangan Asia pada Kamis pagi, menurun untuk pertama kali dalam enam hari, setelah Federal Reserve AS mengurangi harapan untuk serangkaian penurunan suku bunga dan pembicaraan perdagangan China-AS berakhir tanpa kemajuan.

Minyak terkoreksi meskipun terjadi penurunan lebih besar dari perkiraan dalam persediaan di AS dan penurunan produksi minyak mentah di antara anggota OPEC, bersama dengan Libya memotong ekspor, biasanya pendorong bullish untuk pasar.

Minyak mentah berjangka Brent, patokan internasional, turun 1,06 dolar AS atau 1,6 persen menjadi diperdagangkan di 63,99 dolar AS per barel pada pukul 00.37 GMT (07.37 WIB), sementara minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 93 sen atau 1,6 persen diperdagangkan pada 57,65 dolar AS per barel, setelah turun lebih dari satu dolar AS sebelumnya.

Federal Reserve memotong suku bunga pada Rabu (31/7/2019), tetapi menentang ekspektasi kepala bank sentral AS yang mengatakan langkah itu mungkin bukan awal dari serangkaian panjang pemotongan untuk menopang perekonomian terhadap risiko termasuk kelemahan ekonomi global.

"Meskipun laporan persediaan AS yang sangat bullish memberikan latar belakang yang sangat menggembirakan bagi pasar minyak, harga minyak merosot, karena dukungan kebijakan moneter masa depan apa pun dari The Fed telah cukup banyak menguap," Stephen Innes, managing partner, VM Markets Pte mengatakan dalam sebuah catatan.

Sementara itu, negosiator dari Amerika Serikat dan China, dua ekonomi terbesar di dunia, mengakhiri putaran pembicaraan perdagangan pada Rabu (31/7/2019) tanpa terlihat tanda-tanda kemajuan dan menunda pertemuan mereka berikutnya hingga September.

Stok minyak mentah AS turun untuk minggu ketujuh berturut-turut, ke level terendah sejak November bahkan ketika produksi rebound dan impor bersih meningkat, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan pada Rabu.

Persediaan minyak mentah AS turun 8,5 juta barel dalam pekan yang berakhir 26 Juli, jauh melebihi ekspektasi analis untuk penurunan 2,6 juta barel.

Produksi minyak di antara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mencapai level terendah delapan tahun pada Juli, karena pemotongan sukarela lebih lanjut oleh eksportir utama Arab Saudi memperdalam pengurangan yang disebabkan oleh sanksi AS terhadap Iran dan pemadaman di tempat lain dalam grup, sebuah survei Reuters menemukan.

National Oil Corp milik negara Libya menyatakan force majeure atas pemuatan minyak mentah dari ladang minyak terbesar negara itu pada Rabu (31/7/2019).

Sebuah jajak pendapat bulanan Reuters menunjukkan harga minyak diperkirakan akan berkisar di dekat level saat ini pada tahun ini karena melambatnya pertumbuhan ekonomi dan sengketa perdagangan yang berkepanjangan antara AS dan China mengekang permintaan.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019