Akan diumumkan kalau sudah waktunya kalau kajian sudah 'complete', dan masalah-masalah yang ada sudah selesai baru saya sampaikan di mana
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo akan menyampaikan lokasi persis ibu kota baru setelah seluruh kajian selesai.

"Akan diumumkan kalau sudah waktunya kalau kajian sudah complete, dan masalah-masalah yang ada sudah selesai baru saya sampaikan di mana," kata Presiden Joko Widodo di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis.

Presiden Jokowi sebelumnya mengakui Ibu kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Pulau Kalimantan.

"Belum, nanti akan diumumkan kalau sudah waktunya," jawab Presiden saat ditanya soal Kalimantan Timur menjadi lokasi ibu kota.

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengemukakan, bahwa pemindahan ibu kota negara dari Jakarta akan diumumkan oleh Presiden.

Menurut Bambang, lokasi pemindahan ibu kota ada di Pulau Kalimantan. Namun, ia enggan menyebutkan nama provinsinya.

Bambang mengatakan pulaunya Kalimantan, provinsinya menyusul.

Sebagaimana diketahui, pada Mei lalu, Presiden Jokowi telah mengunjungi 2 (dua) tempat di Pulau Kalimantan yang dinilai berpotensi sebagai lokasi ibu kota negara. Kedua lokasi itu adalah Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kaltim), dan Kabupaten Gunung Mas (Kalteng).

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019