Jakarta (ANTARA) - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) DKI Jakarta menargetkan tim bola voli DKI Jakarta, baik putra maupun putri, lolos kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2020 mendatang.

Target tersebut disampaikan secara langsung oleh Wakil Ketua Pengprov PBVSI DKI Jakarta Zulfarshah dalam konferensi pers Kejuaraan Bola Voli Pra Kualifikasi PON XX 2020 Papua di Wisma PKBI, Jakarta Selatan.

“Dalam kejuaraan pra kualifikasi kali ini, kami punya target ingin meloloskan tim bola voli putra dan putri DKI Jakarta ke PON 2020 di Papua. Kami akan persiapkan seluruh tim dengan sebaik-baiknya,” kata Zulfarshah di Wisma PKBI, Jakarta Selatan, Kamis.

Menurut dia, pada PON XIX di Bandung empat tahun lalu, tim bola voli putra DKI Jakarta gagal tampil karena tidak lolos kualifikasi, sedangkan tim bola voli putrinya gagal meraih medali dalam kejuaraan milti event empat tahunan tersebut.

“Makanya, tahun ini kami benar-benar berharap supaya tim putra dan putri bisa lolos ke PON Papua. Persiapan tim DKI sudah dilakukan sejak Mei 2019 di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) di bawah bimbingan pelatih Victor Laiyan untuk tim putra dan M Ansori untuk tim putri,” ujar Zulfarshah.

Selain melakukan pemusatan latihan sejak Mei 2019, dia menambahkan sebagai persiapan menghadapi kualifikasi PON, seluruh atlet juga telah mengikuti uji coba di berbagai tempat, termasuk latih tanding di Thailand pada pertengahan Juli 2019.

Sementara itu, pelatih tim putra Victor Laiyan menuturkan yang menjadi targetnya saat ini adalah meloloskan tim putra untuk dapat mengikuti PON Papua.

“Bagi saya, yang penting bisa masuk empat besar dulu supaya ada kepastian lolos PON Papua dulu. Setelah itu, baru berpikir untuk jadi juara. Yang pasti, tidak ada lawan yang enteng, semuanya sama-sama kuat. Jadi, harus siap menghadapi siapapun,” tutur Victor.

Kejuaraan Bola Voli Pra Kualifikasi PON XX 2020 Papua akan diselenggarakan pada 3 hingga 10 Agustus 2019 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan.

Baca juga: Jakarta siap gelar Kejuaraan Bola Voli Pra-Kualifikasi PON 2020

Baca juga: Tim bola voli DKI Jakarta ujicoba ke Thailand


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019