Kita sedang mengembangkan (Gold Card), Insya Allah tahun ini pasti diluncurkan
Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) akan meluncurkan produk layanan Gold Card bagi para nasabahnya pada tahun ini.

"Kita sedang mengembangkan (Gold Card), Insya Allah tahun ini pasti diluncurkan," ujar Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian Teguh Wahyono di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Teguh juga menambahkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan apakah gold card tersebut akan menggunakan kartu fisik atau kartu paper.

Pegadaian juga sedang mempertimbangkan apakah BUMN tersebut akan menerbitkan lisensi sendiri atau menjalin kerjasama dengan pihak lain, terkait dengan layanan produk Gold Card tersebut.

Layanan Gold Card dari Pegadaian akan menjadi layanan kartu nasabah yang berbeda dari layanan kartu debit atau kredit pada umumnya.
 

"Bedanya begini, kalau kartu kredit nasabah tidak memiliki apa-apa. Kalau gold card ini ada underlying atau jaminannya yakni emas.Jadi kartu ini hanya diterbitkan bagi nasabah yang memiliki emas di pegadaian, bisa tabungan emas atau titipan emas," kata Direktur Teknologi Informasi dan Digital Pegadaian tersebut.

Teguh juga menjelaskan bahwa Gold Card ini juga memiliki perbedaan dengan kartu debit pada umumnya dimana kalau setiap transaksi dengan kartu debit mengurangi saldo tabungan, sedangkan kalau gold card ketika digunakan untuk bertransaksi maka nasabah akan menentukan apakah mengurangi simpanan emasnya, menggadaikan emasnya kepada pegadaian atau mengambil pinjaman dari pegadaian.

Sebelumnya Pegadaian mengungkapkan bahwa jumlah nasabah tabungan emas di Pegadaian telah mencapai 2,6 juta orang.

Direktur Pengembangan Produk dan Pemasaran Pegadaian menyebutkan saat ini jumlah deposit emas nasabah di BUMN tersebut mencapai 3,1 ton per Juni 2019. Diharapkan hingga akhir tahun ini jumlah deposit emas terus bertambah mencapai 3,5 ton.

Baca juga: Askrindo-Pegadaian kerja sama sinergi promosi produk
Baca juga: Pegadaian gandeng tujuh BUMN sinergikan pemasaran produk

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019