counter

Info Haji

Jual kebun karet untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah

Jual kebun karet untuk menunaikan ibadah haji ke Mekkah

Abdul Hakim Hasibuan Bin Mangaraja Hasibuan (72) jamaah haji asal Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara, di Asrama Haji Medan, Kamis (1/8/2019). (Antara Sumut/Foto Munawar)

Medan (ANTARA) - Abdul Hakim Hasibuan Bin Mangaraja Hasibuan (72) jamaah haji asal Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara, menjual kebun karet agar bisa melaksanakan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi.

"Saya rela melepaskan seluas 1,5 hektare kebun karet, agar niat untuk menginjakkan kaki ke tanah suci dapat terkabul," kata Hakim, di Asrama Haji Medan, Kamis sore.

Menurut dia, keinginan untuk berangkat ke Mekkah sejak usia 50 tahun. Namun, dalam usianya yang sudah mencapai 72 tahun, barulah bisa terkabul. "Alhamdulillah, saya merasa senang bisa ke tanah suci. Ini seluruhnya adalah berkat Allah SWT, Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang," ujar Hakim yang memiliki tubuh pendek dan masih status lajang (belum pernah kawin).

Ia menyebutkan tujuan berangkat ke Mekkah, selain melaksanakan ibadah haji, juga berdoa agar dapat diberikan kesehatan, panjang umur, mudah rejeki, serta dapat dikabulkan jodoh sebagai calon istri, dan haji mabrur.

Sebab, dalam usia yang sudah cukup senja ini, belum juga mempunyai istri sebagai pendamping hidup. "Saya rasanya, juga ingin berkeluarga, dan punya anak sebagai pewaris," ucap dia.

Hakim juga berharap sekembalinya dari Mekkah, apa yang dicita-citakannya dapat terkabul. "Semoga, Allah Yang Maha Kuasa, dapat mengabulkan doanya di tanah suci Mekkah."

Sebanyak 388 calon haji kelompok terbang (Kloter) 20 Embarkasi Medan, asal Kabupaten Padang Lawas Utara, Kota Medan, dan perorangan masuk ke Asrama Haji Medan, Kamis, sekira pukul 11.00 WIB.

Panitia mencatat, jamaah haji dengan usia tertua, atas nama Dalena Jamalea Siregar (89) dan Datuk Panusunan Jaronggur (89) asal dari Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan, jamaah calon haji termuda, atas nama Niati Mustika Nasution (27) juga berasal dari Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jamaah calon haji dari Kloter 20 Embarkasi Medan akan tinggal di wilayah Syisyah I Mekkah dengan Nomor Maktab 113 Sektor I.

Jamaah calon haji Kloter 20 Embarkasi Medan berangkat ke Mekkah melalui Bandara Udara Internasional Kuala Namu, Labupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (2/8) sekitar pukul 10.15 WIB. Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, warga Sumatera Utara yang berangkat menunaikan ibadah haji pada 2019 sebanyak 8.641 orang.

Baca juga: Petani sawit menunggu selama delapan tahun ke Mekkah

Baca juga: 1 calon haji Padang Lawas batal ke Tanah Suci karena meninggal

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

189 jamaah haji asal Kota Madiun tiba di kampung halaman

Komentar