Kami kecewa pemerintah menggandakan strategi tarif yang cacat yang sudah memperlambat pertumbuhan ekonomi AS
Washington (ANTARA) - Ancaman Presiden Donald Trump untuk mengenakan tarif 10 persen pada sisa impor barang-barang China senilai 300 miliar dolar AS mulai 1 September akan merugikan pembelian konsumen, menaikkan harga lebih lanjut dan membatasi perekrutan pekerja, empat kelompok perdagangan eceran besar memperingatkan Kamis (1/8/2019).

Trump pada Kamis (1/8/2019) bergerak untuk memberlakukan tarif baru setelah negosiator AS dan China gagal memulai pembicaraan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia.

Federasi Ritel Nasional (NRF), yang termasuk Walmart Inc dan Amazon.com Inc di antara anggotanya, menyebut keputusan untuk mengenakan tarif baru sebagai strategi cacat yang akan merugikan konsumen Amerika.

"Kami kecewa pemerintah menggandakan strategi tarif yang cacat yang sudah memperlambat pertumbuhan ekonomi AS, menciptakan ketidakpastian dan menghambat investasi," Wakil Presiden Senior untuk Hubungan Pemerintah NRF, David French mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Lobi perdagangan berpengaruh lainnya, Asosiasi Pemimpin Industri Ritel (RILA), yang menghitung pengecer seperti Walmart, Target Corp dan Home Depot di antara para anggotanya, mengatakan tarif akan menaikkan harga barang-barang sehari-hari seperti pakaian, mainan, barang-barang rumah tangga dan elektronik.

"Tarif 10 persen yang baru ini merupakan pukulan langsung pada produk konsumen dan anggaran keluarga ... Keluarga Amerika tidak boleh menjadi pion dalam perang dagang ini," Hun Quach, wakil presiden perdagangan internasional RILA, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Kantor Perwakilan Dagang AS tidak memiliki komentar langsung tentang protes pengecer.

Kelompok dagang lain seperti Distributor dan Pengecer Alas Kaki Amerika (Footwear Distributors and Retailers of America) mengatakan bahwa tarif bisa berdampak mengerikan pada perekrutan karyawan.

"Presiden Trump, pada dasarnya, menggunakan keluarga Amerika sebagai sandera dalam negosiasi perang dagangnya," kata presiden kelompok itu, Matt Priest, dalam sebuah pernyataan.

Stephen Lamar, wakil presiden eksekutif American Apparel & Footwear Association, mengatakan kepada Reuters bahwa tarif akan “sangat mengganggu.” Dia mencatat bahwa sementara Trump menggunakan tarif sebagai alat negosiasi, dia telah memanfaatkan ancaman sebelumnya sehubungan dengan impor China.

"Kami memberi tahu orang-orang bahwa mereka harus menganggap tarif akan mulai berlaku pada 1 September," katanya, seraya menambahkan bahwa anggota kelompok terkejut dan terkejut bahwa Trump tidak mengizinkan perundingan perdagangan AS-China untuk dilanjutkan sebelum mengancam tarif tambahan.

Tindakan itu akan memukul konsumen AS jauh lebih sulit daripada produsen China, yang memproduksi 42 persen pakaian dan 69 persen alas kaki dibeli di Amerika Serikat, kata Lamar.

Walmart, pengecer terbesar di dunia, pada Mei mengatakan harga pembeli akan naik karena tarif barang yang lebih tinggi dari China. Perusahaan mengatakan akan berusaha untuk meringankan rasa sakit, sebagian dengan mencoba untuk mendapatkan produk dari berbagai negara dan bekerja dengan pemasok.

Baca juga: Trump peringatkan China agar tidak menunda kesepakatan dagang
Baca juga: Media China: Negosiator AS perlu ketulusan dalam pembicaraan Shanghai

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019