Erick Thohir: Penting bagi anak muda mengenal berbagai cabang olahraga

Erick Thohir: Penting bagi anak muda mengenal berbagai cabang olahraga

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir membuka kegiatan Olympic Movement in Action di parkir selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (2/8/2019) (Cornea Khairany)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir mengemukakan penting bagi generasi muda untuk mulai mengenal berbagai cabang olahraga agar nantinya siap berkompetisi dengan negara-negara lain.

“Ketika kita siap untuk berkompetisi, apalagi dalam Olimpiade, artinya kita siap berperan. Kita harus bisa jadi juara sekaligus mengharumkan nama bangsa. Kalau kita tidak siap untuk ikut dalam kompetisi, jangan salahkan bangsa lain yang bisa saja mengambil peran kita itu,” ujar Erick Tohir saat membuka kegiatan bertajuk Olympic Movement in Action yang digelar di parkir selatan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (2/8).

Selain menjadi juara, kata Erick, ada pula nilai-nilai yang terkandung dalam suatu kompetisi olahraga, di antaranya pantang menyerah, gotong-royong, bersahabat, berbuat baik, bersikap sportif, dan bersaing secara sehat.

“Di dalam olahraga, ada satu nilai yang paling penting dan harus dijadikan pegangan bagi generasi muda, yaitu fair play atau bersaing secara sehat. Nilai fair play itu bisa dipelajari oleh anak-anak muda melalui olahraga,” tutur Erick.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Erick berharap kegiatan tersebut dapat memupuk keinginan anak-anak muda untuk menekuni secara sungguh-sungguh sekaligus mencetak prestasi dalam suatu cabang olahraga yang sesuai dengan minatnya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini, ke depannya kita ingin bangsa ini terus menghasilkan atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, terutama lewat Olimpiade,” katanya.

Kegiatan Olympic Movement in Action digelar mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WIB di parkir selatan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dalam kegiatan itu, sejumlah induk cabang olahraga, terutama cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade Tokyo 2020, mendirikan stan yang sekaligus mengajak para pengunjung untuk mencoba olahraga tersebut.

Beberapa stan cabang olahraga yang dipamerkan itu, di antaranya dayung, bulu tangkis, menembak (shooting), panahan, taekwondo, tenis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain pameran cabang olahraga Olimpiade, acara itu juga diselingi kegiatan sosialisasi, meet and greet bersama sejumlah peraih medali olimpiade (olimpian), serta pertunjukan hiburan. Acara tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kemenpora usulkan atlet Pospenas masuk ke Islamic Solidarity Games

Komentar