Sleman tampilkan Sendratari Lokapala di TMII

Sleman tampilkan Sendratari Lokapala di TMII

Sendratari Lokapala yang ditampilkan Kabupaten Sleman di Taman Mini Indonesia Indah (Foto Disbud Sleman)

Sleman (ANTARA) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta turut memeriahkan Gelar Pesona Budaya Nusantara Tahun 2019 yang dilaksanakan oleh Badan Penghubung Daerah (Banhubda) DIY pada 2 hingga 4 Agustus 2019 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

"Dalam kesempatan tersebut digelar pameran terpadu beberapa instansi di Kabupaten Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Jumat.

Baca juga: Aneka panggung hiburan semarakkan TMII

Baca juga: Disbud Sleman selenggarakan "Byar Sumunar" kenalkan budaya Sleman


Menurut dia, pada puncak acara Sabtu 3 Agustus 2019 Jam 19.30 WIB akan digelar Sendratari Lokapala yang didukung sekitar 80 seniman, Tari Batik Sinom Parijotho dan Tari Kridha Jatirasa Sembada.

"Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis bagi kalangan warga TMII dan sekitarnya," katanya.

Ia mengatakan, bahwa event tersebut mengambil tema "Sleman Berbudaya Memperkokoh Jogja Istimewa".

"Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat menjadi wahana untuk melestarikan, mengembangkan dan memperkenalkan potensi budaya Kabupaten Sleman kepada masyarakat luas," katanya.

Aji mengatakan, di era sekarang ini diplomasi budaya dinilai penting, mengingat melalui kegiatan tersebut akan dapat memperkenalkan potensi budaya Kabupaten Sleman kepada masyarakat luas.

"Kegiatan tersebut serta sekaligus untuk merajut semangat persatuan dan kesatuan melalui apresiasi karya budaya yang adiluhung," katanya.

Ia mengatakan, gelar Pesona Budaya Nusantara merupakan paket acara khusus yang diselenggarakan oleh Badan Penghubung Daerah DIY (Banhubda)) setiap tahunnya secara secara bergiliran oleh kabupaten atau kota se DIY.

"Pada 2019 merupakan giliran Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memeriahkan kegiatan Gelar Pesona Budaya Nusantara tersebut melalui program kegiatan Misi Kebudayaan Dalam dan Luar Negeri," katanya.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

8 Pesilat Indonesia melaju ke final

Komentar