counter

UNS duduki peringkat ke-7 universitas terbaik Indonesia

UNS duduki peringkat ke-7 universitas terbaik Indonesia

Rektor UNS Jamal Wiwoho saat memberikan keterangan kepada wartawan (ANTARA/ Aris Wasita)

ini membuktikan bahwa UNS mampu bersaing menjadi kampus yang maju
Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menduduki peringkat tujuh universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics pada bulan Agustus tahun 2019.

"Kalau skala dunia, UNS dinobatkan menjadi kampus terbaik ke-1.364 di tingkat dunia versi yang sama," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho di Solo, Jumat.

Ia mengatakan Webometrics merupakan lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol yang melakukan rilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia yang tergolong dalam World Class University (WCU). Lembaga ini menilai kemajuan sebuah universitas berdasarkan websitenya.

Pertimbangan lain dari penilaian tersebut, dikatakannya, berdasarkan berbagai kegiatan ilmiah yang ditopang oleh proses terwujudnya tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Ketiganya didukung dengan penguatan tata kelola infrastruktur yang terintegrasi dalam kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)," katanya.

Ia mengatakan hal itu dapat dilihat dari suasana akademik yang sehat, manajamen tata kelola institusional yang baik, dan mutu mahasiswa yang berprestasi.

Menurut dia, UNS sebagai universitas yang berproses menjadi WCU telah dengan baik mengimplementasikan syarat-syarat tersebut dengan konten-konten publikasi yang tersaji melalui website.

Ia mengatakan dengan hasil capaian tersebut membuktikan bahwa UNS mampu bersaing menjadi kampus yang maju dengan memanfaatkan teknologi serta punya posisi baik di level nasional maupun internasional.

Sebagaimana diketahui, pemeringkatan Webometrics diumumkan dua kali dalam setahun, yaitu setiap bulan Januari dan Juli.

"Bulan Januari lalu UNS berada di rangking 1.678 dunia dan 8 nasional, sedangkan pada bulan Juli 2019 UNS di rangking  1.364 dunia dan 7 nasional. Ini artinya terjadi kenaikan 314 rangking dunia dan 1 rangking nasional," katanya.*


Baca juga: UNS terima 3.361 calon mahasiswa dari jalur SBMPTN
Baca juga: UNS tetapkan Jamal Wiwoho sebagai Rektor baru

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

UNS beri gelar doktor honoris causa untuk Panglima TNI

Komentar