counter

Anti Hoax

Hoaks, Waduk Jatigede Jebol

Hoaks, Waduk Jatigede Jebol

Foto udara bendungan Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/9). Akibat musim kemarau, debit air Waduk Jatigede mengalami penyusutan hingga 60.700 meter kubik yang telah terjadi selama tiga bulan. ANTARA JABAR/Raisan Al Farisi/agr/18

Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar pesan berantai disertai sebuah foto yang disebut sebagai peristiwa jebolnya Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sejak Kamis (1/8).
Pesan berantai melalui aplikasi pesan daring WhatsApp itu membuat warga setempat resah.

Klaim: Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, jebol.
Rating: Salah/Misinformasi

Penelusuran yang dilakukan Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa kabar jebolnya Waduk Jatigede tersebut tidak benar. Kabid Operasi dan Pemeliharaan pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung Harya Muldiyanto menyatakan bahwa foto tersebut adalah tidak benar. 

Selain itu, Kapolsek Jatigede AKP Dadang Rosita juga menambahkan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Dadang menjelaskan bahwa kebocoran air dalam foto tersebut adalah dari terowongan 3 STA 900 jalur Parakankondang.
Air yang mengucur dalam foto tersebut merupakan mata air yang tergali oleh alat berat pengerjaan terowongan dan telah dalam penanganan sehingga debit air yang keluar kian mengecil.
 
Tangkap layar klarifikasi hoaks Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika


Referensi:
Cek fakta: Presiden pastikan pengairan Jatigede tuntas Januari 2017

Cek fakta: Presiden kunjungi Bendungan Jatigede

Cek fakta: Sekda: 31.000.000 kubik air genangi Waduk Jatigede

 

Pewarta: Tim Jacx dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perjuangan Timnas U-23 jebol gawang Bahrain belum berhasil

Komentar