Ribuan PNS Hong Kong rencanakan gelombang aksi protes

Ribuan PNS Hong Kong rencanakan gelombang aksi protes

Sejumlah pengunjuk rasa berlindung di bawah payung saat mereka menghadapi polisi antihuru-hara selama protes di Hong Kong, Minggu (28/7/2019). ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/tm/aa (REUTERS/TYRONE SIU)

Hong Kong (ANTARA) - Ribuan pegawai negeri sipil Hong Kong berkumpul pada Jumat malam guna mendukung para pengunjuk rasa dan mendesak otoritas agar membangun kembali kepercayaan terhadap pemerintah saat aksi protes yang mengguncang pusat keuangan Asia tersebut meningkat.

Aksi itu merupakan yang pertama bagi pegawai pemerintah untuk menggalakkan aksi protes di Hong Kong. Pegawai negeri sipil secara damai bergabung dengan para pengunjuk rasa di jantung kota bisnis tersebut. Tak sedikit dari mereka yang menggunakan masker untuk menutupi identitas.

"Saya pikir pemerintah seharusnya merespon tuntutan mereka, bukannya mendorong polisi ke garis depan untuk dijadikan tameng," kata Kathy Yip, PNS berusia 26 tahun.

Polisi menyatakan pihaknya telah menangkap delapan orang termasuk pemimpin prokemerdekaan terkemuka, setelah menyita sejumlah senjata dan bahan yang diduga untuk membuat bom selama penggerebekan.

Gelombang aksi protes di seluruh Hong Kong direncanakan akhir pekan ini, bersama dengan aksi mogok massal pada Senin di berbagai sektor seperti transportasi, sekolah dan perusahaan yang dapat melumpuhkan kota tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: KJRI Hong Kong kembali imbau WNI terkait aksi lanjutan

Baca juga: Demonstran Hong Kong akan unjuk rasa saat pertemuan APEC

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Koarmada I tangkap kapal Hong Kong bermuatan besi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar