counter

Gempa terasa hingga Bandung dan Yogyakarta

Gempa terasa hingga Bandung dan Yogyakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi terjadi gempa bumi, Jumat (2/8/2019), pukul 19.03.21 WIB, dengan parameter kekuatan 7,4 skala Richter (SR). (ANTARA/BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Gempa yang mengguncang wilayah Banten dengan kekuatan magnitudo 7.4 pada pukul 19.03 WIB juga dirasakan hingga wilayah Jabodetabek, Bandung, dan bahkan di Yogyakarta.

  Berdasarkan informasi dari grup WhatsApp wartawan BNPB, beberapa pewarta yang berada di Yogyakarta dan Bandung juga melaporkan gempa terasa sampai di daerahnya.

  Namun mayoritas gempa sangat terasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya seperti Tangerang, Depok, Bekasi, dan seterusnya.

  Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa berada 147 km barat daya Sumur Banten dengan koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT berada di kedalaman 10 km.

  Gempa tersebut berpotensi tsunami untuk wilayah Bengkulu, Banten, Jawa Barat, Lampung.

  BMKG menyebutkan daerah siaga tsunami yaitu di wilayah Pandeglang bagian selatan, Pandeglang Pulau Panaitan, Lampung Barat dan Pesisir Selatan.

  Sementara wilayah yang waspada tsunami Pandeglang bagian utara, Lebak, Tanggamus Pulau Tabuan Lampung, Sukabumi Ujung-genteng, Tanggamus bagian timur, Lampung-selatan Kep. Krakatau, Kep. Legundi, Lampung-barat pesisir tengah, Lampung-barat pesisir-utara, Bengkulu-utara Pulau Enggano, Kaur Bengkulu, Lampung-selatan Kep. Sebuku, Bengkulu-selatan, Serang bagian barat, Seluma Bengkulu.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BNPB: Empat korban meninggal dunia akibat Gempa Banten

Komentar