counter

Menteri Jepang: Pembicaraan soal dagang dengan AS berlanjut

Menteri Jepang: Pembicaraan soal dagang dengan AS berlanjut

Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi (Foto Reuters/Rodrigo Garrido)

Washington (ANTARA) - Jepang dan Amerika Serikat membuat "kemajuan signifikan" dalam mempersempit perbedaan mereka soal perdagangan dan sepakat untuk menggelar pertemuan tingkat menteri akhir Agustus ini, demikian Menteri Ekonomi Jepang, Toshimitsu Motegi pada Jumat.

Sementara dua negara belum menetapkan batas waktu spesifik untuk kesepakatan, mereka berbagi keperluan untuk menghasilkan pencapaian sebelum pertemuan, kata Motegi kepada awak media seusai pertemuan dengan Wakil Perdagangan AS, Robert Lighthizer, di Washignton DC.

Ketika ditanya apakah Tokyo dan Washington akan mencapai kesepakatan pada awal Agustus ini, Motegi menjawab: "Itu tergantung pada hasil perundingan selanjutnya ... Kami yakin ada kemajuan dalam pembicaran tersebut."

Motegi menuturkan akan bertemu kembali dengan Lighthizer akhir Agustus ini. Ia menolak berkomentar soal apakah ada rencana bagi para pemimpin Jepang dan AS untuk bertemu di sela-sela KTT G7 akhir Agustus ini dan menyetujui kesepakatan dagang.

"Kami membuat kemajuan signifikan menuju pencapaian hasil awal yang baik," kata Motegi setelah pertemuannya dengan Lighthizer yang berakhir pada Jumat. "Kami berhasil mempersempit perbedaan kami yang cukup banyak," ujarnya.

Sumber: Reuters
Baca juga: Industri baja Jepang desak Trump ambil keputusan perdagangan cermat
Baca juga: Trump desak PM Jepang bangun lebih banyak kendaraan di Amerika Serikat
Baca juga: Jepang akan hadapi tekanan besar dalam perundingan dagang dengan AS

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kalsel ekspor daun gulinggang ke Jepang

Komentar