ini juga merupakan selingan aktivitas yang harapannya membawa manfaat bagi kita semua
Mekkah (ANTARA) - Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin berolahraga senam “ngapak” dengan penuh semangat bersama jamaah yang tinggal di Kampung Jarwal, Mekkah, yang merupakan pemondokan jamaah asal Jawa Tengah bagian barat.

Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin bergegas dari Kantor Urusan Haji Indonesia yang terletak di Syisyah, Mekkah, sekitar pukul 06.15 waktu setempat.

Dengan mengendarai mobil ia bersama sekretaris dan anggota delegasi Amirul Hajj meluncur menembus jalanan pagi di Kota Mekkah yang sudah mulai padat menuju kawasan Jarwal yang berjarak sekitar 4 km.

Berkendara selama kira-kira 20 menit, Menteri Agama Lukman Hakim tiba di Jarwal dan langsung dikerubuti jamaah yang telah menunggunya. Banyak dari mereka berusaha mendekat untuk meminta berfoto bersama.

Ia kemudian mengambil barisan di depan tepat berhadapan dengan panggung instruktur senam yang telah bersiap dengan musik.

Senam dipimpin oleh anggota jamaah asal Solo yang juga dosen olahraga dari UNS yakni DR Waluyo. Sekitar 30 menit melakukan gerakan senam yang penuh semangat namun ceria itu, Lukman dan jamaah tampak berkeringat.

Kepada wartawan ia mengatakan kegiatan tersebut penting untuk menjaga kebugaran jasmani jamaah.

“Ya kita baru saja selesai senam pagi bersama seluruh jamaah haji yang tinggal di Hotel Kiswah di Jarwal ini adalah sebagian besar adalah jamaah-jamaah Embarkasi Solo dari Jawa Tengah," katanya.

Menurut Menag,  kegiatan itu adalah cara petugas haji kita di sektor 10  agar senantiasa jamaah tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.

​​​​​​"Ini juga merupakan selingan aktivitas yang harapannya membawa manfaat bagi kita semua,” kata Lukman.

Ia juga mengaku setelah bersenam bersama merasa lebih segar dan bugar.

“Alhamdulillah kita jadi lebih segar keluar seluruh keringat ini untuk mengimbangi aktivitas kita selama kita berada di Tanah Suci sehingga ini tidak hanya merupakan selingan kegiatan tapi harapannya tentu membawa manfaat bagi kebugaran jasmani kita,” kata Lukman.

Sebagian besar jamaah yang ikut senam adalah mereka yang dalam kesehariannya menggunakan bahasa Jawa berlogat ngapak sehingga program tersebut dinamakan Olahraga Senam Ngapak (OSN) yang rutin dilakukan setiap pagi di depan halaman Hotel Kiswah, Jarwal, mulai pukul 6.30 pagi waktu setempat.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019