Satgas lanjutkan pemadaman Karhutla di Kampar

Satgas lanjutkan pemadaman Karhutla di Kampar

Satgas Karhutla Riau melanjutkan upaya pemadaman titik api di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kampar, Sabtu (3/8/2019). (Kodim 0313 Kampar)

Pekanbaru (ANTARA) - Satuan tugas pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Riau melanjutkan operasi pemadaman kebakaran lahan gambut yang terjadi di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Sabtu.

Lokasi yang berbatasan dengan kota Pekanbaru tersebut dilanda kebakaran hingga menghanguskan lebih empat hektare gambut sejak medio pekan ini.

"Hari ini kita dari Tim 1 Subsatgas 6 Wilayah Tambang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat peduli api bahu membahu melanjutkan pemadaman titik api," kata pimpinan regu Tim 1 Subsatgas 6, Pelda Azhar Hasibuan dihubungi dari Pekanbaru.

Komandan rayon militer 07/Kampar Kapten Inf Asril mengatakan cuaca ekstrem yang melanda sebagian besar wilayah Riau berdampak dengan mengeringnya lahan gambut di Kabupaten Kampar, termasuk di Desa Rimbo Panjang.

Kebakaran dengan mudah terjadi akibat ulah orang yang tidak bertanggungjawab. Sementara itu, jika lahan gambut telah terbakar maka upaya pemadaman harus dilakukan secara ekstra keras. Angin kencang dan ketiadaan sumber air membuat upaya pemadaman sulit untuk dilakukan dengan cepat.

Lebih jauh, dia juga menyesalkan masih adanya oknum yang membakar lahan saat musim kemarau seperti ini. Dia mengklaim pihaknya telah bekerja sangat keras untuk terus melakukan patroli dan sosialisasi rutin agar tidak membakar lahan.

"Anggota kita sudah rutin melaksanakan patroli dan silosialisasi. Tapi masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan pembakaran.
Saya perintahkan kepada Tim Subsatgas 6 berkordinasi dengan Polsek Tambang mengusut tuntas pelaku pembakaran ini," tegasnya.

Koordinator Manggala Agni Daerah Operasi Pekanbaru, Edwin Putra menjelaskan pemadaman di Desa Rimbo Panjang telah berlangsung sejak tengah pekan ini. Dia menjelaskan perkiraan sementara luas lahan yang terbakar sekitar 4 hektare.

"Jenis kebakaran ini adalah kebakaran bawah atau ground fire. Untuk tipe ini, gambut benar-benar harus dipastikan basah hingga seperti bubur agar api tidak muncul kembali," ujarnya.

Manggala Agni mencatat, kebakaran juga melanda sejumlah daerah di Kampar seperti Jalan Cenderawasih Desa Karya Indah Kecamatan Tapung dengan luas sekitar tujuh hektare serta Jalan Gelatik yang juga berada di desa Karya Indah dengan luas sembilan hektare.
Baca juga: Satgas lanjutkan pemadaman kebakaran lahan di Desa Petani
Baca juga: Pemadaman kebakaran lahan di Riau terkendala sumber air mengering
Baca juga: Satgas Karhutla Riau fokus pemadaman kebakaran di Siak-Pelalawan

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Polda Kalbar gelar kekuatan taktis sarpras

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar