Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1709/Yawa selain menggelar kegiatan fisik, juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan cuci tangan pakai sabun kepada pelajar di SD Negeri Kurudu, Kampung Kurudu, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Komandan Kompi (Danki) Satgas TMMD Kodim 1709/Yawa Mayor Inf Luther Ayomi ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu mengatakan personelnya menyasar ke Kampung Kurudu yang letaknya bersebelahan dengan Kampung Mansesi untuk memberikan penyuluhan cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada para siswa SDN Kurudu, sejak Jumat (2/8).

"Tangan merupakan bagian dari anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan kotoran, tangan juga digunakan untuk memegang dan memasukkan makanan atau minuman ke dalam mulut. Dengan menjaga kebersihan tangan baik di sekolah atau dimana pun merupakan hal yang sangat penting jika kita ingin terhindar dari kuman penyakit," kata Luther.

Sementara itu, personel kesehatan Satgas TMMD Sertu Kamil mengatakan salah satu upaya yang sangat ampuh untuk menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan, tentunya harus dengan baik dan benar. Karena kuman itu bisa berada dimana saja, di peralatan sekolah, meja, kursi, uang, dan lain sebagainya.

"Hal inilah yang menyebabkan kehadiran kami di tempat ini untuk memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak," katanya.

Sertu Kamil mengaku dalam praktek memperagakan cara mencuci tangan dengan benar, puluhan pelajar dan juga para tenaga pendidik yang ada di SDN Kurudu mengikuti dengan antusias dan seksama.

"Kami ingin memberikan sebuah pelajaran penting bagi anak-anak generasi penerus bangsa ini, karena sangat penting bila kita menjaga kebersihan dari hal-hal yang paling kecil yaitu tangan kita sendiri," katanya.

Kamil berharap apa yang disampaikan dan diajarkan itu dapat diingat dan selalu dipraktekkan oleh anak-anak di Kurudu.

"Harapan kami, mereka selalu cuci tangan pakai sabun sebelum makan atau sesudah aktivitas lainnya baik itu saat di sekolah maupun setelah pulang ke rumah, agar mereka tidak mudah terserang penyakit yang tentunya dapat mengganggu aktivitas mereka dalam menuntut ilmu di sekolah," harapnya.

Baca juga: Cuci tangan pakai sabun cegah penyakit menular, anjuran Kemenkes

Baca juga: Cuci tangan pakai sabun cara murah dan efektif hindari penyakit

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019