Kami yakin Tasaku adalah produk yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk anggota dan calon anggota Sahabat UKM, sehingga akan sukses ke depannya
Malang (ANTARA) - Pada akhir tahun 2019, layanan Tabungan Sampoerna Alfaku (Tasaku) bakal "go" nasional yang dapat diakses di seluruh jaringan Alfamart dan Alfamidi di seluruh Indonesia dan saat ini sedang disiapkan proses tersebut.

"Memperhatikan penerimaan masyarakat atas Tasaku selama tiga tahun terakhir ini, kami meyakini masyarakat di seluruh Indonesia selayaknya juga berkesempatan  memperoleh manfaat yang sama. Untuk itu, kami akan memperluas jangkauan layanan Tasaku," kata Branch Manager Bank Sampoerna Malang Bernard Erwin Karamoy di Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Jika saat ini layanan Tasaku masih terbatas di beberapa kota di Jawa Timur, lanjutnya, pihaknya mengusahakan agar sebelum akhir tahun 2019 Tasaku sudah bisa melayani nasabah di seluruh Indonesia melalui jaringan Alfamart dan Alfamidi.

Baca juga: OJK siap evaluasi plafon pemberian kredit mikro melalui Laku Pandai

Perluasan layanan Tasaku secara nasional juga akan dilakukan melalui kerja sama dengan mitra strategis Bank Sampoerna, yakni KSP Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM). Tasaku akan segera dapat dilayani di cabang cabang Sahabat UKM yang tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia.

Saat ini (per Juni 2019), katanya, jumlah nasabah Tasaku di wilayah Malang, Surabaya, Sidoarjo dan Gresik mencapai 25 ribu orang atau naik sekitar 30 persen jika dibandingkan jumlah nasabah tahun lalu.

Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat menginginkan kemudahan untuk menabung dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Tasaku semakin meningkat.

Baca juga: Pemerintah agar perhatikan keberlanjutan Laku Pandai.

Total dana yang dihimpun melalui Tasaku per Juni 2019 mencapai hampir Rp5 miliar. Keberhasilan ini tak lepas dari layanan Tasaku yang semakin luas. Terdapat lebih dari 300 outlet Alfamart dan Alfamidi yang melayani Tasaku.

"Selain itu, kami juga terus melakukan edukasi sehingga masyarakat lebih memahami manfaat beragam layanan yang disediakan oleh Tasaku," ucapnya.

"Tasaku kami adakan dalam rangka mendukung program Laku Pandai dari OJK dan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama mereka yang belum terjangkau layanan perbankan. Doakan saja agar Tasaku dapat segera dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya.

Baca juga: BNI kerahkan Agen Laku Pandai terapung di Kepulauan Seribu

Sementara itu, Oktavia Laksmi, Fintech Product Activation Sahabat UKM mengatakan sahabat UKM menyambut baik kerja sama layanan Tasaku ini.

"Kami yakin Tasaku adalah produk yang memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk anggota dan calon anggota Sahabat UKM, sehingga akan sukses ke depannya,” ungkap Via.

Sejak diluncurkan, Tasaku memiliki beberapa program hadiah sebagai bentuk apresiasi atas kepercayaan yang telah diberikan oleh para nasabah. Salah satunya adalah Undian Grand Prize Tasaku.

Program undian triwulanan Grand Prize Tasaku akan dilaksanakan pada Minggu (4/8) di area Car Free Day di Simpang Balapan Kota Malang.

Melalui Grand Prize Tasaku ini, pihaknya ingin mengapresiasi seluruh nasabah Tasaku yang sudah setia memilih Tasaku sebagai sarana untuk menabung. Pada acara ini akan diadakan kegiatan senam, zumba dan fun bike.

"Grand Prize juga akan dimeriahkan dengan penampilan dari Cheerleader, TOP40 Band & dance competition," kata Aji, Project Manager Tasaku.

Pada Grand Prize Tasaku, nasabah yang beruntung akan mendapatkan hadiah utama berupa 1 saldo Kloning hingga Rp20 juta, 3 buah LED TV, 3 kulkas 2 pintu, 3 sepeda gunung, dan 33 voucher belanja masing-masing senilai Rp200 ribu serta ratusan door prize dengan hadiah utama LED TV dan ratusan hadiah menarik lainnya.

Tasaku memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan tabungan lainnya. Untuk membuka tabungan, nasabah hanya perlu datang ke gerai Alfamart dan Alfamidi yang bertanda stiker Agen SAKU. Selain itu transaksi Tasaku dapat dilakukan hingga pukul 21.00, termasuk hari Sabtu/Minggu dan hari libur.

Tasaku juga bebas biaya administrasi bulanan, tanpa minimum saldo serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Dengan demikian, tabungan ini diharapkan dapat memberikan akses baru bagi masyarakat yang selama ini belum mengenal atau tidak memiliki waktu untuk bertransaksi di bank.

Baca juga: Laku pandai diminta jual beras medium

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019