Jakarta (ANTARA) -
Tim bola voli putri DKI Jakarta mengawali pertandingan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 dengan meraih kemenangan setelah mengalahkan tim Banten di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Sabtu dengan skor 3-0 (25-13, 25-21, 25-19).

Kemenangan yang diraih oleh anak asuh M. Ansori ini jelas menjadi kebanggaan karena akan membuka peluang untuk lolos ke partai puncak. Apalagi persiapan tim asal ibukota ini cukup bagus. Untuk sektor putri, Pra PON diikuti enam tim.

Selain DKI Jakarta dan Banten, tim putri yang turun di Pra PON Papua itu adalah wakil dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Papua Barat.

Menurut M. Ansori, meski meraih kemenangan telak anak asuhnya sempat mengalami demam panggung. Apalagi pada pertandingan perdana ini banyak disaksikan oleh pendukung fanatiknya.

"Anak-anak sempat nervous pada pertandingan tadi. Biasa seperti itu, karena ini pertandingan pertama. Saya instruksikan untuk tidak tegang dan bermain tenang,” kata Anshori dalam keterangan resminya.

Mantan pelatih timnas Indonesia ini berharap pada laga kedua menghadapi Yogyakarta, Minggu (4/8) timnya akan tampil lebih baik.

Ditanya evaluasi pada pertandingan perdana, mantan pelatih tim Proliga Jakarta Pertamina Energi itu mengatakan jika timnya masih kurang dalam penerimaan bola pertama dan serangan.

Sementara itu dari tim Banten, seperti yang dikatakan oleh sang kapten, Siti Mulyani mengatakan jika kekalahan timnya saat menghadapi tuan rumah DKI Jakarta karena kurang kompak.

"Kami akan mempersiapkan diri di laga-laga berikutnya, agar lebih kompak,” katanya.

Di pertandingan sebelumnya, pada putra tim Jawa Tengah sempat mendapat perlawanan dari Papua Barat di Grup A. Jawa Tengah sempat kalah 22-25 di set pertama. Namun, di tiga set berikutnya, tim yang diperkuat pemain nasional Doni Haryono tersebut menang 25-22, 25-21, 25-19. Tiga tim lainnya di grup ini adalah Kalimantan Selatan, Banten, dan DKI Jakarta.

Di Grup B, juga ada lima tim putra. Kelima tim putra itu, adalah Maluku, Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, dan Kalimantan Barat.

Di bagian putra, tim peringkat pertama dari masing-masing grup akan langsung ke babak semifinal. Peringkat kedua dan ketiga, akan bertarung di babak perempat final untuk berebut dua tempat di semifinal.

Baca juga: Jakarta siap gelar Kejuaraan Bola Voli Pra-Kualifikasi PON 2020

Baca juga: Tim bola voli DKI Jakarta ujicoba ke Thailand

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019