Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen meraih pole position pertama dalam karirnya di Formula 1 setelah memuncaki babak kualifikasi GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu.

Didukung mobil dengan dapur pacu Honda, pebalap asal Belanda itu mencatatkan waktu di kualifikasi satu menit 14,572 detik. Waktu yang dibukukan cukup untuk menyingkirkan pebalap Mercedes Valtteri Bottas ke peringkat dua dengan margin sangat tipis 0,018 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Verstappen membuat waktu tercepat sementara ketika turun pertama kali di Q3 dan mampu memperbaiki catatan waktunya hingga 0,3 detik di lap terakhir. Catatan waktu Verstappen menjadi rekor baru di Hungaroring.

"Ini luar biasa. Mobil terasa bagus sepanjang pekan, kami tahu jika ini akan sulit tapi mobil ini melesat," kata Verstappen.

Hasil terbaik di kualifikasi itu ia raih di balapan ke-93 yang ia ikuti. Verstappen juga menjadi pebalap ke-100 yang memiliki raihan pole position di sejarah Formula 1.

Ini merupakan pole position ketiga bagi tim Red Bull di era mesin hybrid setelah Monako 2016, Monako 2018 dan Meksiko 2018, yang semuanya diciptakan oleh Daniel Ricciardo.

Hasil kualifikasi hari ini juga menjadi pole position pertama bagi Honda sejak terakhir kali mereka start terdepan di Australia pada 2006.


Baca juga:Duo Red Bull kuasai FP2 GP Hungaria, tapi Hamilton masih yang tercepat

Baca juga:Ancaman Verstappen dan Red Bull di GP Hungaria


"Kami mengejar (tim Red Bull) sepanjang pekan ini dan kami sangat dekat, ini hasil yang bagus tapi tentunya aku ingin pole," kata Bottas.

Sementara itu, pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton dari tim Mercedes harus puas dengan posisi start ketiga di depan pebalap Ferrari Charles Leclerc.

"Perasaan yang luar biasa ketika mendapat pole position pertamamu, jadi aku ikut senang untuknya," kata Hamilton, yang juara di Hungaria tahun lalu dari pole position itu.

"Aku selalu siap bertempur. Lintasan panjang menuju Tikungan 1 jadi akan menarik nanti."

Pebalap Monako itu menghancurkan sayap belakang mobilnya ketika menabrak tembok pembatas di sesi Q1 yang mengharuskan Ferrari menggantinya dengan sayap baru. Rekan satu timnya, Sebastian Vettel harus puas di P5.


Baca juga:Vettel ingin semua pihak sabar tunggu Ferrari berjaya


Sementara Pierre Gasly akan start dari P6 setelah terpaut 0,878 detik dari rekan satu timnya yang start terdepan Minggu nanti.

Dua pebalap Mclaren, Lando Norris dan Carlos Sainz akan start dari P7 dan P8 di depan Romain Grosjean (Haas) dan Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) di P9 dan P10.

George Russel mempersembahkan hasil kualifikasi terbaik bagi Williams di P16 dan hampir lolos ke Q2 untuk pertama kalinya.

Hasil kualifikasi GP Hungaria
1 Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing Honda 1 menit 14,572 detik
2 Valtteri Bottas Mercedes AMG Petronas Motorsport + 0,018 detik
3 Lewis Hamilton Mercedes AMG Petronas Motorsport + 0,197 detik
4 Charles Leclerc Scuderia Ferrari + 0,471 detik
5 Sebastian Vettel Scuderia Ferrari + 0,499 detik
6 Pierre Gasly Aston Martin Red Bull Racing Honda + 0,878 detik
7 Lando Norris McLaren F1 Team + 1,228 detik
8 Carlos Sainz McLaren F1 Team + 1,280 detik
9 Romain Grosjean Rich Energy Haas F1 Team + 1,441 detik
10 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing + 1,469 detik
11 Nico Hulkenberg Renault F1 Team
12 Alexander Albon Red Bull Toro Rosso Honda
13 Daniil Kvyat Red Bull Toro Rosso Honda
14 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing
15 Kevin Magnussen Rich Energy Haas F1 Team
16 George Russell ROKiT Williams Racing
17 Sergio Perez SportPesa Racing Point F1 Team
18 Daniel Ricciardo Renault F1 Team
19 Lance Stroll SportPesa Racing Point F1 Team
20 Robert Kubica ROKiT Williams Racing


Baca juga:Statistik GP Hungaria

Baca juga:Rumor Verstappen-Hamilton dalam satu tim, bos Red Bull berkomentar
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019