Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund berhasil keluar sebagai juara Piala Super Jerman 2019 usai mengalahkan Bayern Munchen dengan skor 2-0.

Bayern yang menjadi juara Bundesliga 2018/2019 dan DFB-Pokal menghadapi Dortmund yang finis runner-up di liga musim lalu dalam ajang Piala Super Jerman di Signal Iduna Park pada Minggu (4/8) dini hari WIB.

Dortmund bermain tanpa menurunkan pemain baru mereka seperti Thorgan Hazard, Julian Brandt, dan Mats Hummels karena ketiganya dibekap cedera.

Pemain yang sudah dipermanenkan Dortmund, Paco Alcacer menjadi ujung tombang serangan dengan disokong oleh Marco Reus.

Sedangkan Bayern menurunkan Robert Lewandowsk, yang masih jadi andalan bersama Thomas Mueller dan Kingsley Coman.

Dortmund nyaris membuka keunggulan saat laga baru berjalan satu menit saat kesalahan di lini tengah dimanfaatkan oleh Raphael Guerreiro yang langsung menyerang balik.

Guerreiro kemudian melepaskan umpan tarik kepada Reus yang ada di tengah. Namun, Manuel Neuer dengan sigap menepis upaya Reus.

Tekanan yang dilancarkan Dortmund kembali menghasilkan peluang pada menit ke-20 melalui tendangan jarak dekat Nico Schulz, tetapi masih bisa dihalau Neuer dengan kakinya.

Bayern mencoba merespons melalui dua peluang dari Coman dan Leon Goretzka. Namun, tak ada yang membuahkan hasil.

Setelah tak ada gol pada babak pertama, Dortmund akhirnya mampu memecah kebuntuan di awal babak kedua pada menit ke-48.

Thiago melakukan kesalahan di lapangan tengah dan langsung dimanfaatkan oleh Jadon Sancho.

Pemain asal Inggris itu lalu menggiring bola dari sisi kanan lapangan hingga mendekati kotak penalti sebelum mengoper bola kepada Alcacer.

Tanpa mengontrol bola, mantan pemain Barcelona itu kemudian langsung melepaskan tembakan mengarah ke pojok kanan bawah gawang Bayern.

Dua menit berselang, Bayern nyaris menyamakan kedudukan ketika umpan Joshua Kimmich dari sisi kanan disundul oleh Coman dan kemudian digagalkan oleh kiper Marwin Hitz.

Bola muntah yang coba dimanfaatkan Coman juga kembali dihentikan oleh kiper Dortmund tersebut. Bola muntah dari Coman bergulir ke Lewandowski , tetapi upayanya dari jarak dekat masih dihalau Manuel Akanji.

Dortmund menggandakan keunggulan pada menit ke-69. Kali ini giliran Sancho yang memasukkan namanya ke papan skor.

Gol ini tercipta dari serangan balik Dortmund. Raphael Guerreiro mengoper bola kepada Sancho yang berdiri bebas di sisi kanan lapangan sebelum melakukan penetrasi hingga ke kotak penalti dan menaklukkan Neuer.

Tidak ada tambahan gol sampai wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund 4-4-2: Marwin Hitz; Lukasz Piszczek (Wolf 80'), Manuel Akanji, Omer Toprak, Raphael Guerreiro; Axel Witsel, Julian Weigl; Jadon Sancho (Larsen 80'), Marco Reus, Nico Schulz; Paco Alcacer

Bayern Munich 4-2-3-1: Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Niklas Suele, Jerome Boateng, David Alaba (Sanches 70'); Leon Goretzka, Corentin Tolisso, Thiago Alcantara (Pavard 80'); Thomas Mueller (Davies 66'), Kingsley Coman, Robert Lewandowski

Baca juga: Mats Hummels resmi kembali ke Borussia Dortmund

Baca juga: Leroy Sane tak minta pindah ke Bayern

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019