Segalanya berjalan baik dengan China. Mereka membayar kita puluhan miliaran dolar, dimungkinkan oleh devaluasi moneter mereka dan memompa uang tunai dalam jumlah besar untuk menjaga sistem mereka berjalan. Sejauh ini konsumen kami tidak membayar apa-
Washington (ANTARA) - Presiden AS Donald Trump mengatakan pada Sabtu (3/8) bahwa segalanya berjalan baik dengan China, dan bersikeras konsumen AS tidak membayar pajak impor yang telah dikenakan pada barang-barang dari negara itu meskipun para ekonom mengatakan Amerika membayar kenaikan tarif tersebut.

“Segalanya berjalan baik dengan China. Mereka membayar kita puluhan miliaran dolar, dimungkinkan oleh devaluasi moneter mereka dan memompa uang tunai dalam jumlah besar untuk menjaga sistem mereka berjalan. Sejauh ini konsumen kami tidak membayar apa-apa dan tidak ada inflasi. Tidak ada bantuan dari Fed!" kata Trump di Twitter.

Dia juga mengatakan - tanpa memberikan bukti - bahwa negara-negara meminta untuk melakukan negosiasi "transaksi perdagangan nyata," seraya mengatakan di Twitter, "Mereka tidak ingin menjadi sasaran tarif oleh AS."

Trump tiba-tiba memutuskan pada Kamis (1/8) untuk mengenakan tarif 10 persen pada 300 miliar dolar AS impor barang-barang China, yang mengguncang pasar keuangan dan mengakhiri gencatan senjata perdagangan selama sebulan.

China berjanji pada Jumat (2/8) untuk melawan.

Tarif dimaksudkan untuk membuat barang-barang asing lebih mahal guna mendorong produsen dalam negeri, kecuali jika eksporter internasional menurunkan harga. Tetapi belum ada bukti bahwa China memangkas harga untuk mengakomodasi tarif Trump.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Biro Riset Ekonomi Nasional pada Maret menemukan bahwa semua biaya tarif yang dikenakan pada 2018 diteruskan ke konsumen AS.

Baca juga: Sri Mulyani kembali serukan waspada dampak perang dagang AS-China

Baca juga: BI : Pernyataan "mengejutkan" Trump soal tarif, picu depresiasi rupiah

Baca juga: Tarif baru Trump dapat jadi pemicu penurunan suku bunga Fed berikutnya

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019