counter

Liga Inggris

City juara Community Shield usai taklukkan Liverpool lewat adu penalti

City juara Community Shield usai taklukkan Liverpool lewat adu penalti

Kiper Manchester City Claudio Bravo meluapkan kegembiraan usai sukses menggagalkan eksekusi gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum dalam adu penalti laga Community Shield di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (4/8/2019). (ANTARA/REUTERS/David Klein)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City menjuarai laga pembuka musim 2019/20 sepak bola Inggris, Community Shield, seusai menaklukkan Liverpool 5-4 lewat adu penalti di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu.

Laga dilanjutkan ke babak adu penalti setelah skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal dan dari 10 algojo yang menghadapi titik putih, gelandang Liverpool Georginio Wijnalum menjadi satu-satunya yang gagal menyarangkan bola ke gawang.

Penyerang pengganti Gabriel Jesus jadi algojo pamungkas yang memastikan kemenangan City dalam laga tersebut.

City sempat unggul lebih awal lewat gol Raheem Sterling dan Liverpool banyak membuang peluang serta hanya bisa menyamakan kedudukan lewat Joel Matip.

Baca juga: Pep lebih suka juara Liga Inggris

City tak diperkuat kiper utama Ederson Moraes yang hanya duduk di bangku cadangan bersama rombongan pemain lain yang bergabung dengan tim lebih lambat karena Copa America 2019 yakni Gabriel Jesus, Fernandinho dan Sergio Aguero.

Gawang City lebih dulu mendapat ancaman ketika umpan lambung kiriman Divock Origi berhasil dikendalikan Roberto Firmino, namun tembakan legiun Brasil itu masih bisa diamankan kiper Claudio Bravo pada saat laga baru berjalan enam menit.

Enam menit berselang, justru City yang membuka keunggulan lewat situasi tendangan bebas yang dilepaskan Kyle Walker, disundul Olexandr Zinchenko dan diteruskan David Silva demi diselesaikan oleh Sterling menaklukkan kiper Alisson Becker.

Sayangnya gol itu disusul kabar buruk karena Leroy Sane harus meninggalkan lapangan lebih awal menderita cedera digantikan oleh Jesus, usai dilanggar Trent Alexander-Arnold yang berujung tendangan bebas muasal gol pembuka keunggulan.

Usai kemasukan, Liverpool berusaha segera membalas dan Firmino menyodorkan umpan ke sisi kanan yang berusaha diselesaikan Mohamed Salah, namun tembakannya berhasil dihalau Nicolas Otamendi sekaligus Bravo.

Salah kembali memperoleh peluang pada menit ke-29 ketika umpan silang Origi tak mampu diantisipasi John Stones dan Zinchenko, sayang tendangannya melambung di atas mistar gawang.

Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan hingga turun minum dan mereka hampir menggandakan keunggulan pada awal babak kedua jika saja tembakan sentuhan pertama David Silva menyambut sodoran Sterling tak melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Everton resmi daratkan Moise Kean

Liverpool terlihat lebih berbahaya pada paruh kedua namun dua peluang beruntun mereka ditolak oleh gawang, pertama sundulan Virgil van Dijk menyambut umpan Alexander-Arnold dan disusul tembakan Salah,

Kerja keras Liverpool akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-77 saat tendangan bebas kapten Jordan Henderson berhasil dikendalikan Van Dijk di sisi tiang jauh hanya demi dikembalikan ke tengah kotak penalti dan ditanduk mudah oleh Matip untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Sejak menyamakan kedudukan Liverpool punya tak kurang dari empat peluang, termasuk ketika Salah gagal memanfaatkan kesempatannya di muka gawang dan bola sundulannya disapu oleh Walker tepat sebelum melewati garis.

Baca juga: Catatan Pep yang membuat was-was West Ham

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Joel Matip), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho (Naby Keita), Jordan Henderson (Adam Lallana); Mohamed Salah, Roberto Firmino (Xherdan Shaqiri), Divock Origi (Alex Oxlade-Chamberlain)
Pelatih: Juergen Klopp

Manchester City (4-3-3): Claudio Bravo; Kyle Walker, John Stones, Nicolas Otamendi, Olexandr Zinchenko; Kevin de Bruyne (Phil Foden), Rodri Hernandez, David Silva (Ilkay Guendogan); Bernardo Silva, Raheem Sterling, Leroy Sane (Gabriel Jesus)
Pelatih: Pep Guardiola

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Empat anak Rusunawa berlatih di klub Manchester City

Komentar