Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar membuka musim 2019/20 Liga Belanda mereka dengan menggilas tamunya Fortuna Sittard dengan empat gol tanpa balas di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, Senin dini hari WIB.

Bahkan tiga dari empat gol tersebut dicetak oleh Ron Vlaar, Oussama Idrissi dan Myron Boadu dalam kurun waktu enam menit, sebelum dilengkapi Yukinari Sugawara tujuh menit jelang waktu normal usai, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Hasil itu seolah jadi penerus tren positif bagi AZ di tiap awal awal musim, mengingat musim 2018/19 lalu mereka juga menang telak 5-0 menjamu NAC Breda, yang kini terdegradasi ke Divisi Eerste Liga Belanda.

Bedanya, musim ini AZ tak lagi ditangani oleh John van den Brom yang kontraknya habis pada 1 Juli lalu dan kini hijrah mengarsiteki FC Utrecht.

AZ kini ditangani oleh Arne Slot, yang naik dari jabatan asisten pelatih Van den Brom menjadi pelatih kepala per 1 Juli lalu.

Baca juga: Derby Rotterdam pekan pembuka berakhir imbang 2-2

Sejak sepak mula AZ bermain agresif dan menggempur pertahanan Fortuna namun skor imbang nirgol bertahan hingga babak pertama usai.

AZ tetap mengambil inisiatif menyerang seusai turun minum dan delapan menit memasuki babak kedua lewat situasi sepak pojok Vlaar berhasil membuka keunggulan tuan rumah lewat tendangan kaki kiri dari jaka dekat.

Tak sampai dua menit AZ sukses menggandakan keunggulan ketika umpan Bouadu sukses diselesaikan oleh Idrissi ke sudut kanan bawah gawang.

Momentum AZ terus berlanjut ketika Boadu mencetak gol ketiga tuan rumah dengan menyelesaikan umpan kiriman Calvin Stengs.

Tuan rumah tak menurunkan agresivitas mereka kendati sudah unggul tiga gol atas Fortuna, namun gol keempat baru lahir pada menit ke-83 lagi-lagi berasal dari umpan Stengs yang kali ini diselesaikan oleh Sugawara.

Tim tamu hampir mencetak gol hiburan pada masa injury time ketika umpan silang Mark Diemers berhasil disambut oleh Clint Essers, sayang sundulannya melambung di atas mistar gawang dan skor 4-0 untuk AZ bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

AZ selanjutnya akan lebih dulu menjalani putaran laga pertama putaran ketiga kualifikasi Liga Europa di markas klub Ukraina Mariupol sebelum menghadapi tim promosi RKC Waalwijk dalam pertandingan pekan kedua.

Sementara itu, Fortuna selanjutnya akan menjamu Heracles Almelo.

Baca juga: Belanja total transfer Liga Belanda cuma sedikit lebihi harga De Ligt

Susunan pemain:

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Yukinari Sugawara, Ron Vlaar, Stijn Wuytens (Tijjani Reijnders), Owen Wijndal; Fredrik Midtsjo, Teun Koopmeiners, Thomas Ouwejan; Calvin Stengs, Myron Boadu (Ferdy Druijf), Oussama Idrissi (Jordy Clasie)
Pelatih Arne Slot

Fortuna Sittard (4-3-1-2): Alexei Koselev; Felix Passlack, Branislav Ninaj, Gregoire Amiot, Mica Pinto; Alex Carbonell (Clintt Essers), Jorrit Smeets, Adnan Ugur (Dimitrios Ioannidis); Mark Diemers; Rasmus Karjalainen (Agim Zeka), Vitalie Damascan
Pelatih: Sjors Ultee

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019