counter

Akibat pemadaman listrik, KA lintas selatan Jawa terlambat

Akibat pemadaman listrik, KA lintas selatan Jawa terlambat

Perjalanan KA Bima relasi Gambir-Purwokerto-Malang mengalami keterlambatan selama 225 menit dari jadwal kedatangan di Stasiun Purwokerto pukul 21.28 WIB namun baru tiba pukul 01.13 WIB akibat pemadaman listrik di Jakarta serta sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah pada hari Minggu (4/8/2019). (Foto: Dok. KAI Daop 5 Purwokerto)

Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) siang berdampak terhadap keterlambatan perjalanan sejumlah KA yang masuk ke Stasiun Purwokerto sejak Minggu malam hingga pagi ini
Purwokerto (ANTARA) - Perjalanan sejumlah kereta api lintas selatan Jawa mengalami keterlambatan akibat pemadaman listrik di Jakarta serta sebagian Jawa Barat dan Jawa Tengah, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Supriyanto.

"Pemadaman listrik yang terjadi pada Minggu (4/8) siang berdampak terhadap keterlambatan perjalanan sejumlah KA yang masuk ke Stasiun Purwokerto sejak Minggu malam hingga pagi ini," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng, Senin.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan, sejumlah kereta api yang mengalami keterlambatan di antaranya KA Bima relasi Gambir-Purwokerto-Malang yang seharusnya masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 21.28 WIB, baru tiba pada pukul 01.13 WIB atau lambat 225 menit.

Selain itu, KA Gajayana relasi Gambir-Purwokerto-Malang masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 01.48 WIB atau lambat 194 menit dari seharusnya pukul 22.34 WIB, KA Sawunggalih relasi Pasarsenen-Purwokerto-Kutoarjo masuk pukul 00.16 WIB atau lambat 54 menit dari seharusnya pukul 23.22 WIB, KA Senja Utama Yogyakarta relasi Pasarsenen-Purwakerto-Yogyakarta yang seharusnya masuk pukul 23.52 WIB namun baru datang pukul 00.28 WIB atau lambat 36 menit.

Keterlambatan juga dialami KA Argo Lawu relasi Gambir-Purwokerto-Solo yang baru masuk Stasiun Purwokerto pada pukul 04.02 WIB atau lambat 173 menit dari jadwal kedatangan pukul 01.09 WIB, KA Taksaka relasi Gambir-Purwokerto-Yogyakarta yang seharusnya masuk pukul 01.43 WIB namun baru datang pukul 04.36 WIB atau lambat 173 menit.

Sementara KA Mataram relasi Pasarsenen-Purwokerto-Lempuyangan sampai di Stasiun Purwokerto pukul 02.17 WIB atau lambat 21 menit dari jadwal pukul 01.56 WIB, KA Bogowonto relasi Pasarsenen-Purwokerto-Lempuyangan yang seharusnya datang pada pukul 02.40 WIB namun baru sampai pukul 03.08 WIB atau lambat 28 menit, dan KA Senja Utama Solo relasi Pasarsenen-Purwokerto-Solo baru tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 03.37 WIB atau lambat 43 menit dari jadwal pukul 02.54 WIB.

"Untuk keberangkatan ke tujuan akhir, kelambatan di Stasiun Purwokerto rata-rata bisa berkurang 10-20 menit. Kami atas nama PT KAI (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA-KA tersebut. Setelah aliran listrik kembali normal tadi malam, perjalanan KA dari Jakarta pun bisa berjalan normal kembali," kata Supriyanto.

Ia mengatakan PT KAI (Persero) berkomitmen untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA beserta penumpang dan barang yang diangkutnya. 

Baca juga: KCI sebut KRL sepenuhnya beroperasi normal
Baca juga: YLKI: PLN rugikan masyarakat dan investasi

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kabut asap ganggu perjalanan kereta api

Komentar