Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), mendapat alokasi anggaran sebesar Rp25 miliar untuk membiayai pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati daerah itu pada 2020.

"Anggaran Pilkada TTU yang kami ajukan sebesar Rp29 miliar, tetapi dalam pembahasan dengan DPRD disetujui sebesar Rp25 miliar," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten TTU, Paulinus Veka kepada Antara, di Kupang, Senin.

Baca juga: NasDem NTT andalkan survei usung calon hadapi Pilkada 2020

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan persiapan pelaksanaan pilkada serentak 2020 di daerah itu, serta besaran anggaran yang disetujui DPRD.

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) merupakan salah satu dari sembilan kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang akan menggelar pilkada serentak tahap dua pada 2020.

Di NTT ada sembilan kabupaten yang akan menggelar pilkada pada 2020 yakni Timor Tengah Utara (TTU), Belu, Malaka, Sumba Timur, Sumba Barat, Manggarai Barat dan Manggarai serta Sabu Raijua dan Kabupaten Ngada.

Menurut dia, tahapan pelaksanaan pilkada di daerah itu belum ditetapkan, karena masih menunggu peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI.

Baca juga: KPU NTT minta daerah siapkan rancangan anggaran Pilkada 2020

"Untuk tahapan, kami masih menunggu PKPU, tetapi yang paling penting adalah, anggaran sudah disetujui oleh DPRD dalam perubahan APBD 2019," katanya.

Dia mengatakan, saat ini, KPU sedang melakukan pembenahan kembali terhadap daftar pemilih yang akan menggunakan hak suara pada Pilkada 2020. 

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019