Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 452 orang calon haji Kloter 39 asal Provinsi Sulawesi Barat diberangkatkan ke Tanah Suci melalui embarkasi haji Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulbar, H Muhammad Idris didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulbar, H M Muflih B Fattah menyerahkan secara resmi JCH Sulbar kloter 39 kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulsel sekaligus Ketua panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) embarkasi haji Makassar, Senin.

Penyerahan jsmssh cslon hsji (JCH) Sulbar ditandai dengan penyerahan daftar manifest Jamaah kepada PPIH embarkasi haji Makassar.

Sekda Sulbar mengimbau JCH asal daerahnya untuk menjadi suri tauladan dengan disiplin dan mengikuti semua petunjuk dari petugas haji.

Ia juga berharap agar selain untuk fokus melaksanakan rukun haji, JCH Sulbar juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta bangsa dan duta daerah.

"Pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain," katana.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulbar, H M Muflih B Fattah mengingatkan seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan dengan baik, mengingat suhu udara di tanah suci sangat berbeda dengan udara di negara kita.

"Jika ada yang mengalami sakit atau masalah kesehatan maka segerahlah melaporkan dan memeriksakan diri kepada tim medis," ujarnya.
Baca juga: Calhaj Mamuju diberangkatkan dari Embarkasi Hasanuddin
Baca juga: Lima bus disiapkan angkut calhaj Kabupaten Pasangkayu ke Makassar
Baca juga: Calhaj Sulbar Kenakan Pakaian Batik Sandeq

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019