Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahbudin mengajak seluruh masyarakat di daerahnya untuk menjaga kelestarian biota Sungai Upang yang terletak di Desa Tanah Bawah, Kecamatan Puding Besar.

"Saya mengajak seluruh masyarakat terutama masyarakat di Kecamatan Kecamatan Puding Besar untuk menjaga kelestarian alam Sungai Upang," katanya di Sungailiat, Senin.

Sungai Upang merupakan salah satu sungai alami yang ada di Kabupaten Bangka yang memiliki kekayaan biota hayati termasuk kayu Perupuk dan lainnya yang menjadi ciri khas flora di kawasan sungai tersebut.

"Masyarakat jangan menebang pohon sembarangan di kawasan itu dan menghindari menggunakan racun saat melakukan penangkapan ikan dan jenis alat tangkap yang dilarang lainnya," jelasnya.

Dengan terjaganya kelestarian alam Sungai Upang itu kata wabup, dapat memberikan harapan untuk diwariskan ke generasi yang akan datang.

Hal penting yang harus diperhatikan dan dihindari masyarakat umum, kata wabup, jangan melakukan kegiatan pembakaran di kawasan Sungai Upang, saat musim kemarau seperti sekarang.

"Musim kemarau seperti sekarang, saya ingatkan masyarakat jangan melakukan kegiatan pembakaran di kawasan hutan karena akan mengakibatkan kebakaran yang lebih luas," katanya.

Menjaga dan melestarikan lingkungan dari segala bentuk ancaman kerusakan menjadi tanggung jawab bersama seluruh kelompok masyarakat.


 

Pewarta: Kasmono
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019