Info Haji

Seorang calhaj kloter BTH 06 meninggal di RS Mekkah

Seorang calhaj kloter BTH 06 meninggal di RS Mekkah

Jemaah haji meninggal (Dok ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Tim TKHI melakukan pemeriksaan dan tindakan dengan memasangkan infus dan pengobatan, selanjutnya menghubungi sektor agar pasien dirujuk ke RS King Faisal,
Kemenag Riau (ANTARA) - Seorang calon haji (Calhaj) tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6 embarkasi Batam (BTH) bernama Sugiati Binti Saliman (54) berasal dari Desa Sei, Beras-Beras, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Inderagiri Hulu, Riau, meninggal di rumah sakit (RS) King Faisal Mekkah.

"Almarhumah adalah isteri dari Sanipan Bin Tarja Mustar tergabung dalam rombongan Karom 6 dan regu 22, menghembuskan nafas terakhir Minggu (4/8) pukul 01.40 WAS," kata Pranata Humas Ahli Muda, Vehtriani Rahmi di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, almarhumah bagian dari kloter 6 BTH yang membawa jamaah sebanyak 440 orang, dan Sugiati didiagnosa mengidap penyakit stroke sejak enam tahun lalu dengan hipertensi terkontrol.

Ia menyebutkan seperti dilaporkan Ketua Kloter 06, Razak bahwa calhaj itu mengeluh merasakan nyeri di bagian dada seperti terbakar dan menjalar ke perut, disertai tidak nafsu makan sementara kondisi badan makin melemah.

"Tim TKHI melakukan pemeriksaan dan tindakan dengan memasangkan infus dan pengobatan, selanjutnya menghubungi sektor agar pasien dirujuk ke RS King Faisal," ujarnya.

Baca juga: Riau matangkan persiapan pemulangan JH ke Embarkasi Haji Antara

Razak juga mengajak jemaah lainnya bersama mendoakan almarhumah agar khusnul khotimah, dan di tempatkan di tempat yang mulia di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, amiin yarabbal alamin.

Almarhumah Sugiati binti Saliman disholatkan di Masjidil Haram sesudah sholat zuhur Minggu (04/08). Telah dikebumikan di pemakaman Assyaraya Mekkah. Proses pemakaman selesai pukul 13.40 WAS, terangnya.

Jamaah kloter 6 BTH membawa jemaah 440 orang terdiri atas 187 jamaah laki laki dan jemaah perempuam sebanyak 253 yang telah tiba di Mekkah.

Tercatat yang menggunakan kursi roda 21 orang jamaah, sementara kini bertambah menjadi 2 orang lagi sehingga total jemaah memakai kursi roda adalah 23 orang. Kloter 6 BTH jamaah haji asal Pekanbaru sebanyak 23 jemaah, Indragiri Hulu 321 jamaah dan 91 jamaah asal Meranti. Ditambah 5 petugas kloter jemaah haji tersebut merupakan jemaah yang tiba urutan kelima di Mekkah. ***3***T.F011

Baca juga: 1.718 galon air Zamzam sudah diambil PPIH daerah

Baca juga: Jelang puncak haji, petugas kloter 10 matangkan persiapan

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar