Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya menyebutkan semua personel turun ke lapangan untuk memastikan keamanan lalu lintas hingga objek vital saat listrik padam di Jakarta yang berlanjut hingga Senin ini.

"Semuanya kami cover, jangan sampai ada peristiwa pidana besar saat pemadaman listrik itu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Tebet, Jakarta Selatan, Senin.

Sementara itu, terkait data kecelakaan lalu lintas saat listrik padam pada Minggu (4/8), Argo mengaku belum mendapatkan informasi.

Baca juga: Polda Metro catat jumlah tilang elektronik menurun saat listrik padam

Meski demikian, ia memastikan seluruh personel mulai dari aparat Polsek dan Polres, juga turun ke lapangan mengamankan situasi lalu lintas dan objek vital.

Pemadaman listrik telah menyebabkan gangguan karena traffic light yang terpasang di setiap persimpangan jalan mati.

Kondisi itu sempat membuat beberapa ruas jalan di Jakarta tersendat.

Baca juga: Aliran listrik di Rawamangun kembali padam

Sejumlah petugas kepolisian dikerahkan di lapangan untuk mengantisipasi kemacetan dengan melakukan pengaturan di sekitar pos masing-masing.

Sebelumnya, listrik di Jakarta padam sejak pukul 11.48 WIB pada Minggu (4/8/2019) akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan.

Sementara itu, Gas Turbin 7 juga dalam posisi mati dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan.

Gangguan itu mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman sehingga berdampak ke sejumlah pelayanan publik, salah satunya layanan KRL.

Pemadaman listrik juga terjadi di Jawa Barat karena gangguan pada transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan sejumlah area mengalami pemadaman listrik.

Area itu meliputi Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

Setelah sempat normal bertahap pada Minggu malam, pemadaman listrik kembali terjadi pada Senin ini, seperti di sejumlah titik di antaranya Pasar Baru, Jakarta Pusat dan Kemanggisan, Jakarta Barat.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019