Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia. Ini merupakan salah satu upaya dari diaspora dalam memberikan sumbangsih pada bangsa,
Jakarta (ANTARA) - Presiden Indonesian Diaspora Network (IDN) Global Mark Gerald Eman mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan diaspora asal Indonesia yang saat ini berkiprah di luar negeri.

"Saat ini, kami sedang menyiapkan platform Diaspora Connect yang bertujuan untuk mempertemukan para diaspora dari berbagai bidang keahlian," ujar Gerald dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Dengan aplikasi itu, para diaspora akan dikelompokkan berdasarkan bidang keahliannya. Pihak IDN akan menyelenggarakan berbagai pertemuan, webinar ataupun konferensi dengan masyarakat Indonesia.

"Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia. Ini merupakan salah satu upaya dari diaspora dalam memberikan sumbangsih pada bangsa," tambah dia.

Baca juga: Pemerintah setarakan jabatan diaspora yang pulang ke Tanah Air

IDN Global kembali menyelenggarakan Kongres Diaspora Indonesia ke-5 atau "The Fifth Congress of Indonesian Diaspora (CID)" yang akan diselenggarakan di Jakarta, 10 Agustus hingga 13 Agustus 2019.

Tema yang diangkat pada kongres tahun ini yakni "Empowering Indonesia’s Human Capital". Kongres itu akan mempertemukan diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan SDM dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya.
 
"Tujuan akhirnya fokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM," tambahnya.

Baca juga: Kemenristekdikti ajak 57 ilmuwan diaspora bangun SDM

Wakil Ketua Umum IDN Global (2017 hingga 2019) Said Zaidansyah mengungkapkan bahwa tema kali ini juga sejalan dengan arahan Presiden Jokowi perihal pembangunan SDM dan Diaspora.

"Salah satu tujuan utama dari kegiatan diaspora selama ini adalah pembangunan SDM sesuai dengan arahan Presiden Jokowi pada saat pidato kebangsaan di Sentul beberapa waktu yang lalu yang mana beliau menyoroti perihal pembangunan SDM sebagai kunci masa depan Indonesia dan dukungan kepada Diaspora Indonesia untuk dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia." jelasnya.

Ketua Penyelenggara CID-5 Iwan Sunito menerangkan masyarakat umum diharapkan hadir dalam acara tersebut.Kongres Diaspora Indonesia pada tahun itu berkolaborasi dengan Indonesia Scholarship Network (ISN), menyelenggarakan Scholarship & Education Expo yang mendatangkan berbagai lembaga pemberi beasiswa, baik dari pemerintah Indonesia, pemerintah asing, yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan, dan juga dari perusahaan yang mendukung pendidikan di Indonesia.

Baca juga: IDN Global dukung perekrutan rektor asing oleh Kemenristekdikti

Pewarta: Indriani
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019